Gara-Gara Virus Ebola, Arab Saudi Larang Warga Kongo Lakukan Ibadah Haji

Kiswah penutup Kakbah diangkat tiga meter penanda musim haji tiba. - ANTARA/Hanni Sofia
31 Juli 2019 16:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, MAKKAH--Wabah virus ebola semakin mengkhawatirkan seluruh dunia. Wabah yang berasal dari sejumlah negara di Afrika Barat ini membuat Pemerintah Arab Saudi melarang warga Kongo mengunjungi negaranya meski untuk ibadah haji.

Kongo termasuk salah satu bagian dari Afrika Barat. Virus ebola menyebar di negara tersebut dan itu membuat khawatir.

“Pemberian visa kedatangan bagi warga Kongo dihentikan terlebih dulu. Ini dilakukan demi kesejahteraan jemaah haji lainnya,” terang Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam sebuah catatan yang dikeluarkan beberapa hari lalu.

Keputusan itu juga berlandaskan keputusan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dua minggu yang lalu. Dalam keputusan itu dinyatakan bahwa wabah ebola berstatus darurat internasional.

Virus ini telah menewaskan lebih dari 1.700 orang di Kongo pada tahun lalu dan diduga akan meluas ke perbatasan. Dilansir dari Arab News, Arab Saudi menangguhkan visa pengunjung yang berasal dari Guinea, Sierra Leone, dan Liberia karena wabah ebola yang sempat menewaskan lebih dari 11.000 orang.

Sepuluh persen dari dua juta jemaah haji seluruh dunia berasal dari Afrika Sub Sahara, di mana salah satu negaranya adalah Republik Demokrasi Kongo.

Sumber : Okezone.com