Advertisement

Pintu Keluar Tol Jogja-Solo Diharapkan Kian Gairahkan Objek Wisata

Hafiyyan
Minggu, 21 Juli 2019 - 22:37 WIB
Budi Cahyana
Pintu Keluar Tol Jogja-Solo Diharapkan Kian Gairahkan Objek Wisata Ilustrasi jalan tol - Antara/Harviyan Perdana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG – Pembangunan pintu keluar tol (exit tol) Jogja-Solo di Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, diharapkan bisa menerek potensi ekonomi wilayah tersebut.

Bupati Klaten Sri Mulyani menjelaskan sektor yang dapat terdampak ekonominya dari pengembangan exit tol Karanganom ialah pariwisata dan industri, baik di Karanganom, Polanharjo, maupun wilayah dan sekitarnya.

“Di wilayah Polanharjo dan sekitarnya banyak berkembang objek wisata seperti Ponggok, Komunitas Kali Pusur, wisata kuliner, perikanan dan pemandian. Tidak sedikit industri berkembang di sana. Diharapkan pembangunan tol Jogja-Solo berdampak positif bagi warga sekitar,” jelasnya, Jumat (19/7/2019).

Sri mengatakan, pembangunan exit tol Karanganom sesuai hasil rapat di Semarang, yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah pekan lalu

Pembahasan rapat kali ini pun difokuskan pada kemungkinan timbulnya dampak pembangunan tol Solo-Jogja, khususnya penyelamatan sumber-sumber air, cagar budaya, dan kawasan pertanian lestari.

Rapat melibatkan sejumlah satuan kerja perangkat daerah, 11 camat yang wilayahnya dilintasi pembangunan tol, konsultan perencana dan pihak PT Adi Karya (Persero).

Advertisement

Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten Joko Sawaldi menambahkan, pembahasan secara detail diperlukan. Beberapa mata air seperti Umbul Tarubasan, Pluneng, Brintik, Lanang, dan sebagainya harus diselamatkan, karena menjadi sumber kehidupan dan pertanian. Kajian Amdal terus disusun dengan memperhatikan ketentuan aturan yang berlaku.

“Lokasi yang dibahas terkait Pembangunan Tol Solo-Yogya ini masih bersifat rencana. Untuk penetapannya nantinya masih menunggu keputusan Gubernur Jawa Tengah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement