Ini yang Harus Dimiliki Kabinet Pemerintahan Jokowi

Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan KH Ma'ruf Amin (kanan) didampingi sejumlah pimpinan Parpol pendukung melambaikan tangan usai memberikan keterangan terkait Pilpres 2019 di Jakarta, Rabu (17/4/2019). - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
11 Juli 2019 08:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kabinet pemerintahan baru ke depan dinilai harus memiliki sejumlah kriteria khusus.

Pasca ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu, pembentukan kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024 pun ramai diperbincangkan.

Menurut pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menyetujui kalau Jokowi membentuk kabinet dari orang-orang ahli di bidangnya atau yang kerap disebut zaken kabinet.

Selain itu, hal-hal yang menurut Emrus jauh lebih penting dibandingkan tokoh dari kalangan ahli adalah memilih orang yang memiliki beberapa kriteria khusus untuk mengisi kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin kedepannnya.

Beberapa kriteria atau syarat yang harus dimiliki oleh orang yang akan mengisi jajaran kabinet ialah mempunyai integritas yang kukuh, serta penerimaan atau acceptibilitas oleh masyarakat Indonesia.

“Tentu harus mempunyai acceptabilitas atau penerimaan dari masyarakat. Sekalipun dia zaken kabinet tetapi banyak penolakan, resisten misalnya dari sekolompok masyarakat, tidak bagus juga,” ungkap Emrus kepada Okezone-jaringan Harianjogja.com, Rabu (10/7/2019).

“Misalnya, Ahok boleh punya kapabilitas, tetapi bisa saja dia itu sebagian masyarakat ada yang resisten terhadap dia,” tambahnya.

Lebih lanjut, Emrus mengungkapkan bahwa calon kabinet Jokowi harus mendapatkan dukungan dari partai politik, apalagi jika orang tersebut bukan merupakan bagian dari parpol. Kemudian, memiliki sikap kepemimpinan, kredibilitas, dan managerial skill.

“Dia harus mendapat dukungan dari partai politik sekalipun itu dari partai atau bukan dari partai. Jadi artinya partai politik memberikan sinyal juga terhadap seseorang itu,” terang Emrus.

“Berikutnya adalah tentu dia mempunyai leadership, kepemimpinan. Berikutnya, dia punya kredibilitas, dan yang terakhir dia harus memilii managerial skill. Itu lah pandangan saya, yang bisa menjadi saran kepada pak Jokowi ketika menentukan susunan kabinetnya,” katanya.

Sumber : Okezone.com