Advertisement

Gelombang Panas di India Bikin Jalan Aspal Meleleh

Chelin Indra Sushmita
Sabtu, 15 Juni 2019 - 11:17 WIB
Budi Cahyana
Gelombang Panas di India Bikin Jalan Aspal Meleleh Kondisi jalan aspal di India meleleh akibat gelombang panas - Telegraph

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Aspal di tol kawasan Agra, India, meleleh akibat gelombang panas ketika suhu udara sekitar 45 derajat celsius. Warna jalan tersebut semakin hitam legam dan permukaannya berubah.

Cuaca panas menyebabkan permukaan jalan meleleh. Hal itu terjadi karena aspal berubah bentuk dari padat menjadi cair akibat suhu tinggi. Akibatnya, permukaan jalan menjadi lunak dan lengket. Gelombang panas melanda sejumlah wilayah di India. Suhu terpanas mencapai 51 derajat celsius terjadi sejak Mei 2019.

Advertisement

Dikutip dari New York Times, Jumat (14/6/2019), sebanyak 36 orang meninggal akibat gelombang panas yang terjadi di India. Gelombang panas di India telah meningkat secara intens selama 10 tahun terakhir akibat perubahan iklim.

Pada 2019 ini suhu ekstrem melanda sebagian besar wilayah India utara dan tengah, mencakup Rajasthan, Madhya Pradesh, Uttar Pradesh, dan Mahashtra.

“Tahun ini jumlah gelombang panas meningkat. Bukan hanya suhu di siang hari, di malam hari pun sangat tinggi,” kata pakar Otoritas Manajemen Bencana Nasional India, Anup Kumar Srivastava.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement