Advertisement

Jokowi-Ma'ruf Tak Jalankan Salat Id Bareng

Lalu Rahadian
Selasa, 04 Juni 2019 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi-Ma'ruf Tak Jalankan Salat Id Bareng Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang dan Cawapres Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin saat buka bersama di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (3/6/2019)/JIBI - Bisnis/Lalu Rahadian

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Calon pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dikabarkan tidak akan melangsungkan Salat Id bersama pada Idulfitri tahun ini. 

Ma`ruf berencana menunaikan ibadah salat Id terpisah dengan Jokowi. Akan tetapi, dia berencana segera menemui Jokowi usai menunaikan Salat Ied.

Advertisement

“Habis itu nanti mungkin saya ke sana [Istana Negara] untuk bertemu Pak Jokowi. Sekitar jam 09.00-10.00 di Istana,” ujar Ma`ruf usai menghadiri acara buka bersama di kediaman Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Jakarta, Senin (3/6/2019) malam.

Idulfitri tahun ini telah ditetapkan jatuh pada 5 Juni atau Rabu mendatang. Keputusan itu diambil setelah Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Ma`ruf berencana merayakan Idulfitri 1440 Hijriah di DKI Jakarta. Belum diketahui apakah eks Rais Aam PBNU ini akan menggelar halalbihalal di kediamannya atau tidak.

Pada kesempatan yang sama, OSO juga menyebut bahwa dirinya akan berada di ibu kota untuk merayakan Idulfitri tahun ini. Ketua Umum Partai Hanura ini berencana menggelar open house pada Hari Raya Lebaran tahun ini.

“[Open house] Ya untuk teman-teman lah,” ujarnya.

Idulfitri tahun ini dipastikan jatuh pada Rabu setelah hilalmasih belum terlihat di 105 titik pengamatan. Ada 33 petugas di 33 provinsi yang mengatakan tidak melihat hilal dari lokasi masing-masing.

Di salah satu titik pemantauan yaitu Pelabuhan Ratu, secara astronomis tinggi hilal minus 0,56 derajat dan jarak busur bulan dari matahari 2,94 derajat dengan umur minus 40 menit 6 detik.

"Dengan dua hal yang saya sebutkan tadi yaitu hilal di bawah ufuk dan tidak ada petugas yang melihat hilal, maka bulan Ramadan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari," ujar Lukman di Kantor Kemenag, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok Darah dan Jadwal Donor Darah Rabu 24 April 2024 di PMI se-DIY

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement