Hoaks Lagi, Ustaz Haikal Dikabarkan Telah Diringkus Polisi

Ilustrasi hoaks. - JIBI
29 Mei 2019 15:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Ustaz Haikal Hassan dikabarkan telah diringkus kepolisian Indonesia saat tengah berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Namun ternyata kabar itu hoaks atau bohong.

Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo menegaskan bahwa kabar itu tidak benar. Dedi mengatakan kabar penangkapan Ustaz Haikal Hassan adalah bohong alias hoaks.

"Hoax!" singkat Dedi saat dikonfirmasi Suara.com, Rabu (29/5/2019).

Sebelumnya, pengacara dari Forum Advokat Antipenistaan Agama dan Ulama, Novel Bamukmin juga memastikan kabar penangkapan Ustaz Haikal tidak benar.

Menurut Novel, hingga saat ini Ustaz Haikal sedang menjalani safari dakwah setelah menyelesaikan kegiatan umrahnya.

"Hoaks itu. Ustaz Haikal masih safari dakwah setelah kemarin selesai umroh," kata Novel saat dihubungi Suara.com, hari ini.

Ustaz Haikal, kata Novel, saat ini sedang berada di Yaman untuk menjalani safari dakwah.

Diketahui, Haikal Hassan dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri karena dituding menyebarkan berita bohong atau hoaks, Kamis (9/5/2019).

Haikal yang juga dikenal sebagai penceramah agama itu dilaporkan oleh seseorang bernama Achmad Firdaws Mainuri. Laporan tersebut teregister dalam nomor laporan LP/B/0447/V/2019/Bareskrim tertanggal 9 Mei 2019.

Haikal dilaporkan atas tuduhan tindak pidana penyebaran berita bohong melalui media elektronik Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE, Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Kemudian, pasal 14 ayat 1 dan 2 dan pasal 15 UU No.1/1946 tentang Peraturan Hukum Pidana serta pasal 207 KUHP.

Sumber : Suara.com