Advertisement

Pantau Lalu Lintas di Sragen, 18 Kamera ATCS-CCTV Disiapkan

Tri Rahayu
Senin, 27 Mei 2019 - 19:47 WIB
Sunartono
Pantau Lalu Lintas di Sragen, 18 Kamera ATCS-CCTV Disiapkan Kendaraan melintas di gerbang tol Ngemplak, Boyolali, Senin (27/5/2019). (Solopos - Nadia Lutfiana Mawarni)

Advertisement

Harianjogja.com, SRAGEN -- Sebanyak 18 titik kamera disiapkan untuk memantau arus lalu lintas di wilayah Sragen saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Kamera itu terdiri atas delapan kamera area traffic control system (ATCS) milik Dinas Perhubungan (Dishub) dan 10 kamera closed circuit television (CCTV) milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sragen yang diintegrasikan.

Advertisement

Kasi Teknologi Prasarana Jalan Dishub Sragen, Pursis Yuliono, saat ditemui Solopos.com di Dishub Sragen, Jumat (24/5/2019), mengatakan untuk persiapan prasarana jalan Dishub sudah menyiapkan rambu jalan, memperbaiki lampu penerangan jalan umum (PJU), traffic light, flash lamp di sejumlah lokasi rawan kecelakaan, dan penyiapan ATCS.

Pursis menerangkan untuk pengaturan lalu lintas berbasis ATCS dilakukan di delapan lokasi, yakni simpang tiga Pungkruk, simpang tiga Gambiran, simpang tiga Beloran, simpang tiga Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), simpang empat Poltas Kota, simpang empat Alun-alun, simpang empat terminal lama, dan simpang empat Pilangsari.

“Kami kerja sama dengan Satlantas dalam pengoperasian ATCS untuk mengatur lampu lalu lintas. Kalau terjadi kepadatan di lokasi tertentu, durasi lampu hijau ditambah,” ujar Pursis.

ATCS berfungsi mengendalikan traffic light agar tidak terjadi kemacetan. ATCS terintegrasi dengan kamera CCTV milik Diskominfo. Petugas di ruang operator ATCS bisa memantau 10 lokasi yang dipasang kamera CCTV dari Diskominfo tetapi tidak bisa mengendalikan.

Dia menjelaskan 10 kamera CCTV itu dibawah kendali langsung Diskominfo karena servernya ada di Diskominfo. Dari 10 kamera CCTV itu, kata dia, baru lima yang sudah terkoneksi dengan jaringan fiber optic Dishub sehingga bisa dipantau langsung dari ruang operator ATCS.

Demikian pula ATCS Dishub juga bisa dipantau dari ruang kendali di Diskominfo Sragen tetapi petugas tidak bisa mengendalikan. Kabid Infrastruktur Diskominfo Sragen Aris Munandar merencanakan 20 kamera CCTV di sejumlah lokasi di Sragen, yakni 10 kamera pengadaan APBD dan 10 bantuan dari Bank Jateng.

Dia menjelaskan yang sudah terpasang ada 10 kamera tetapi hingga saat ini yang bisa dioperasikan ada lima kamera CCTV, masing-masing di simpang tiga Harmoni, simpang empat SMPN 6 Sragen, simpang empat Alun-alun sisi selatan, simpang empat spesial, dan persimpangan Meteor.

“Lima kamera tersebut sudah terhubung dengan kabel FO [fiber optic]. Sedangkan lima kamera lainnya nanti akan dioperasikan dengan jaringan wireless setelah aktivitas di lembaga pemerintahan libur. Lima lokasi itu yakni Pasar Sumberlawang, simpang empat Gemolong, simpang empat Batoar, exit tol Pungkruk, dan simpang tiga Tugu Gading Masaran,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement