Jokowi Berbicara tentang Kabinet Kerja Jilid II, Ini Kriteria Calon Menteri

Pendukung Joko Widodo mengacungkan topeng bergambar Jokowi di SUGBK, Jakarta, 13 April 2019. - Reuters/Willy Kurniawan
26 Mei 2019 21:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil Pilpres 2019. Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin keluar sebagai pemenang. KPU masih menunggu proses gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menetapkan pemenang Pilpres 2019.

Jokowi sudah mulai membicarakan kriteria pengisi menteri di Kabinet Kerja Jilid II. Menurut Jokowi, menteri yang dia pilih adalah orang yang bisa menuntaskan seluruh program unggulan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Kabinet yang bisa kerja, kan kabinet kerja. Sudah saya sampaikan bolak-balik, mampu mengeksekusi dari program yang ada. Kemampuan eksekutor itu yang paling penting,” kata Jokowi seusai buka puasa bersama dengan HIPMI di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (26/5/2019).

Selain itu, menurut Jokowi, jajaran Kabinet Kerja Jilid II nantinya akan diisi pribadi yang memiliki kemampuan manajerial baik di bidang makro maupun daerah. Lalu yang memiliki integritas dan kapabilitas pada keahliannya masing-masing.

“Tapi yang paling penting adalah mampu mengeksekusi, memiliki kemampuan manajerial yang baik. Dua hal yang penting itu,” ujar Jokowi.

Ia memastikan komposisi jajaran lembaga eksekutif di periode keduanya nanti bukan berbicara soal pembagian kue dengan partai-partai politik. Jokowi menegaskan, semua itu akan bergantung pada kemampuan seseorang untuk mengisi jabatan menteri.

“Kami tak bicara masalah parpol dan nonparpol, yang penting kemampuan yang tadi saya sampaikan dimiliki,” tutur Jokowi.

Sumber : Okezone.com