Advertisement

Ini Kondisi Pertokoan Sarinah Usai Kerusuhan…

Newswire
Kamis, 23 Mei 2019 - 05:02 WIB
Sunartono
Ini Kondisi Pertokoan Sarinah Usai Kerusuhan… Dua personel Brimob berusaha mengibarkan bendera merah putih yang sempat terjatuh saat bentrok polisi dan massa di depan gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/5/2019) dini hari. - Ist/Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kondisi pertokoan Sarinah, Jakarta Pusat terjadi beberapa kerusakan di gedung perbelanjaan modern pertama yang diresmikan tahun 1946 oleh Presiden Soekarno ini, akibat kerusuhan Kamis (23/5/2019) dinihari.

Dilaporkan Antara di lokasi, beton konblok jalan di areal parkir Sarinah terlihat tercabut, tembok pondasi pertokoan dibobol, pot dipecahkan, bahkan pot permanen dan Kamera CCTV sudah tidak pada posisinya.

Advertisement

Seorang petugas keamanan Gedung Sarinah yang enggan disebut namanya mengatakan dirinya tidak mengetahui siapa pelaku perusakan, namun dirinya menduga itu dilakukan oleh massa aksi.

"Saya tidak tahu itu mas, posisi saya di belakang tadi, tapi ini tadi kayaknya tadi pas kerusuhan soalnya sebelumnya baik semua kondisinya," kata Arnold.

Sementara Reja petugas keamanan lainnya mengatakan kemungkinan berbagai infrastruktur tersebut digunakan sebagai barang-barang untuk keperluan aksi massa yang berakhir rusuh tersebut.

"Tadi bang pot yang paten aja bisa diangkat dari pondasinya saya juga aneh kuat-kuat mereka," kata pria yang juga enggan disebut identitasnya ini.

Gedung pertokoan modern Sarinah, memang sejak Rabu (22/5/2019) pagi dalam keadaan tertutup dan tidak ada aktivitas.

Diketahui, bentrokan antara pihak kepolisian dengan massa aksi sudah  terjadi sejak Rabu (22/5/2019) pukul 20:15 WIB. Bentrokan terjadi setelah pihak kepolisian berupaya membubarkan massa aksi yang masih bertahan di depan gedung Bawaslu.

Kini, Kamis dini hari kondisi di sekitar Bawaslu sudah cukup kondusif, namun massa masih terkonsentrasi di Jalan Agus Salim (Sabang) dan Wahid Hasyim arah Gondang Dia, serta sekitar 150 meter Jalan Wahid Hasyim arah Tanah Abang dari perempatan Sarinah,

Dalam kerusuhan tersebut, warung sate dan pos polisi Jalan Agus Salim (Sabang) samping rumah makan Garuda terbakar, pos polisi yang terletak di tengah persimpangan Sarinah dan dua motor wartawan juga menjadi objek pembakaran massa.

Polisi mengamankan sekitar delapan belas orang yang diduga anggota massa aksi dengan satu orang di antaranya dalam keadaan luka berat yang dimasukan ke mobil tahanan dan mobil medis untuk kemudian diarahkan ke Mapolda Metro Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement