Setelah Ledakan Bom, Pasukan Mesir Tewaskan 12 Gerilyawan Garis Keras

Ilustrasi ledakan. - Shutterstock
21 Mei 2019 03:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, KAIRO--Pasukan keamanan Mesir menewaskan 12 tersangka gerilyawan garis keras di Kairo sehari pascaledakan yang menargetkan bus pariwisata. Sedikitnya 12 orang terluka akibat insiden tersebut.

Bom rakitan berisi paku dan serpihan logam meledak di sekitar Grand Egyptian Museum (GEM) dekat sebuah bus yang membawa 25 turis asal Afrika Selatan dari bandara menuju distrik tempat piramida berada.

Kementerian Dalam Negeri Mesir tidak menyebutkan apakah para tersangka gerilyawan tersebut terkait dengan serangan pada Minggu (19/5/20190. Namun, sebagaimana dikutip Antara pihaknya mengatakan pasukan mereka menewaskan para tersangka saat penggerebekan di tempat persembunyiannya di distrik 6th of October dan Al Shorouk. Menurutnya, di distrik itulah anggota kelompok gerilyawan Hasm merencanakan serangkaian serangan yang bertujuan menciptakan suasana kekacauan.

Mesir menuduh kelompok tersebut, yang muncul pada 2016 dan mengakui sejumlah serangan, sebagai sayap Ikhwanul Muslimin yang dilarang. Kelompok garis keras tertua Mesir menyangkal tuduhan ini dan mengatakan pihaknya hanya mencari perubahan melalui cara damai.

Sejumlah senjata dan bahan peledak ditemukan di lokasi penembakan, demikian informasi dari kementerian.

Sumber : Antara