Advertisement

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Jalani Puasa Ramadan Lebih Awal

Newswire
Minggu, 05 Mei 2019 - 06:27 WIB
Sunartono
Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Jalani Puasa Ramadan Lebih Awal Jamaah Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan salat tarawih pertama di Surau Baru, Pauh, Padang, Sumatera Barat, Jumat (3/5/2019). - Ist/Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, PADANG--Ratusan pengikut Jamaah Tarekat Naqshabandiyah di Padang, Sumatera Barat sudah mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1440 Hijriah, Sabtu (4/5/2019), kendati pemerintah baru akan menggelar sidang isbath penetapan awal Ramadan pada Minggu (5/5/2019).

Menurut Mursyid Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo, berdasarkan penghitungan yang dilakukannya, 1 Ramadhan 1440 Hijriah bertepatan dengan 4 Mei 2019 sehingga hari ini pihaknya sudah mulai melaksanakan puasa pertama.

Advertisement

Pelaksanaan hari pertama puasa diawali dengan salat tarawih pada Jumat (3/5/2019) malam di Surau Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Ia menjelaskan, cara melakukan penetapan awal Ramadan dilakukan dengan melihat bulan yang dilakukan sejak bulan Rajab dan Syaban.

"Kami menggunakan metode hisab Munjid, dasarnya sejak tahun 16 Hijriah, jadi pada malam ke-8, ke-15 dan ke-22 bulan Rajab kami sudah melihat bulan," ujarnya seperti diberitakan Antara.

Di Padang, terdapat puluhan masjid dan mushala yang menjadi pusat peribadatan Jamaah Tarekat Naqshabandiyah. Masjid dan musala tersebut tersebar di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan.

Sementara salah seorang pengikut jemaah Naqshabandiyah Leni mengatakan, ia sejak kecil sudah mengikuti tradisi yang ada di jemaah tersebut.

“Biasanya, memang puasa lebih dahulu sekitar dua hari dibandingkan penetapan yang dilakukan pemerintah dan Lebaran juga lebih dulu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh, Desentralisasi Sampah DIY Mundur Lagi Menjadi Mei 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement