Advertisement

Bandara Internasional Yogyakarta Siap Diresmikan, Akan Beroperasi dari Pukul 06.00-18.00 WIB

Rio Sandy Pradana
Kamis, 02 Mei 2019 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Bandara Internasional Yogyakarta Siap Diresmikan, Akan Beroperasi dari Pukul 06.00-18.00 WIB Sejumlah pekerja merampungkan pengerjaan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo, Rabu (24/4/2019). - JIBI/Bisnis Indonesia/Sri Mas Sari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) sudah siap diresmikan dan dioperasikan untuk sebagian penerbangan.

Sekretaris Perusahaan AP I Handy Heryudhitiawan mengatakan, secara legal YIA sudah dapat dioperasikan menyusul penerbitan Sertifikat Bandar Udara Bandara Internasional Yogyakarta No. 149/SBU-DBU/IV/2019 oleh Direktorat Jenderal Bandar Udara (DJBU) Kementerian Perhubungan sejak 26 April 2019.

Advertisement

"Kami tinggal menunggu arahan dari Sekretariat Kepresidenan terkait dengan rencana peresmian oleh Bapak Presiden. Kami siap saja kalau sudah ada perintah," kata Handy, Kamis (2/5/2019).

Penerbangan komersial pertama akan dilakukan pada dalam waktu dekat oleh maskapai Citilink Indonesia, pada 6 Mei 2019. YIA akan beroperasi dari pukul 06.00--18.00 WIB.

Di sisi lain, sarana dan layanan secara teknis dan administratif YIA ini sudah siap untuk dioperasikan. Hal tersebut dapat dilihat dari dokumen-dokumen persyaratan yang sudah siap seperti Aeronautical Information Publication (AIP), Sertifikat Bandar Udara, Penetapan Kawasan Kepabeanan, Tempat Penimbunan Sementara, Tempat Pemeriksaan Imigrasi.

Selain itu, sudah tersedia pula berbagai layanan pendukung seperti layanan navigasi penerbangan, layanan metereolog, layanan pengisian bahan bakar pesawat udara fasilitas kesehatan pelabuhan. Terdapat juga fasilitas karantina ikan, hewan, dan tumbuhan, gerai atau area komersial, layanan jasa pendukung kebandarudaraan (groundhandling).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement