Istri Bupati Magelang Rayakan Hari Kartini Bersama Emak-Emak Milenial

Senam bersama digelar di Stadion Gemilang, Mertoyudan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Minggu (21/4/2019). - Ist/Dok Humas Pemkab Magelang
21 April 2019 15:07 WIB Nina Atmasari News Share :

 Harianjogja.com, MAGELANG—Hari ini, Minggu (21/4/2019) kaum perempuan Indonesia memeringati Hari Kartini. Ada beragam cara yang dilakukan kaum perempuan untuk mengenang jasa pahlawan emansipasi perempuan tersebut.

Di Magelang, ratusan emak-emak dan Kartini millenial mengikuti senam massal yang diselenggarkan dalam rangka memperingati Hari Kartini. Senam yang digelar di Stadion Gemilang, Mertoyudan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Minggu (21/4/2019)  ini tidak hanya menghadirkan instruktur senam Hari CS, namun juga, istri Bupati Magelang Christanti Zaenal Arifin.

Perempuan yang akrab disapa Tanti itu memimpin ratusan perempuan yang tampak bersemangat mengolah tubuh.  Menurutnya, semangat ibu-ibu terus menjaga kebugaran, aktivitas fisik dan sadar akan kesehatan ini sudah cukup baik. “Ini terbukti, setiap kali acara serupa diadakan, antusiasme masyarakat cukup besar,” katanya, di sela acara.

Ia mengapresiasi kegiatan ini karena sebagai salah satu program masyarakat hidup sehat terutama untuk kaum perempuan di Kabupaten Magelang. Selain itu, ia berharap para Kartini di Kabupaten Magelang di zaman millenial ini memiliki semangat untuk hidup sehat, semangat untuk bisa menyehatkan dirinya, keluarga dan lingkungannya.

Pada kesempatan tersebut, Tanti berpesan pada Kartini-Kartini millenial untuk selalu mengoptimalkan potensi diri, tingkatkan wawasan dan kualitas diri karena di era sekarang ini sudah begitu luas terbuka kesempatan untuk itu.

"Dan juga kita harus memiliki ketangguhan, baik di diri kita sendiri, di keluarga kita, terlebih kita bisa menginfeksi (menularkan) lingkungan sekitar kita agar Kartini ini tidak hanya berdaya untuk dirinya tapi juga bisa berdaya untuk lingkungannya, menggerakkan hal-hal positif yang ada di masyarakat sesuai passionnya masing-masing," tegasnya.

Puncak peringatan Hari Kartini di Kabupaten Magelang akan berlangsung Senin (22/4/2019) dengan upacara mengenakan baju adat Jawa di Halaman Setda, dilanjutkan seminar tentang keluarga, menghadirkan narasumber Kepala Kantor Kemenag, Mad Sabitul Wafa yang akan diikuti semua organisasi wanita di Kabupaten Magelang.