3 Kantong Suara Penentu Kemenangan Jokowi Menurut LSI Denny JA

Pendukung Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menghadiri kampanye di Depok, Jawa Barat, Kamis (11/4/2019). - Antara/Yulius Satria Wijaya
12 April 2019 20:17 WIB Iim Fathimah Timorria News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei terbaru yang mengungkap tingkat elektabilitas kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2019.

Dalam survei yang dilakukan selama periode 4-9 April 2019, elektabilitas pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf unggul dua digit dibanding pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga. Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf berada di kisaran 55,9% sampai 65,8 persen. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan dalam rentang 34,2% sampai 44,1%.

Jika menilik pada sebaran pemilih berdasarkan segmentasi, peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa mengungkapkan Jokowi-Ma'ruf tetap unggul. Di kalangan pemilih musim, calon petahana membukukan keunggulan dengan rentang 54,9% sampau 64,8%. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan sebesar 35,2% sampai 45,1%.

Kendati keunggulan Jokowi-Ma'ruf di kalangan penganut agama terbesar masih terjaga. Ardian mengungkapkan hal ini sangat dipengaruhi oleh pemilih muslim yang mengaku berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU).

Dari 50,1% pemilih muslim berafiliasi NU yang disurvei, 60,4% sampai 70,3% di antaranya mendukung Jokowi-Ma'ruf. Sementara 29,7% sampai 39,6% memilih Prabowo-Sandi.

Selain komunitas NU, segmen minoritas juga memainkan peran dalam keunggulan elektabilitas.

"Dari segmen pemilih minoritas, Jokowi-Maruf unggul telak dari Prabowo-Sandi. Saat ini dukungan Jokowi-Maruf di pemilih minoritas dalam rentang 83,6 persen sampai 93,5 persen. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan di pemilih minoritas dalam rentang 6,5 persen sampai 16,4 persen," papar Ardian.

Kantong pemilih dari golongan "wong cilik" turut memberi kontribusi atas keunggulan elektabilitas Jokowi. Dari 56,6% sampel yang memenuhi kriteria mssyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah, 60,9% sampai 70,8% di antaranya mengaku mendukung Jokowi, sementara 29,2% sampai 39,1% sisanya mendukung Prabowo.

Keunggulan Jokowi di kelompok "wong cilik" tak lepas dari sejumlah programnya selama menjabat yang menyasar kelompok ini. Sebagian besar narasumber mengaku puas dengan enam program kerja andalan Jokowi yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), Pembangunan Infrastruktur, Dana Desa, dan Beras Sejahtera.

Survei LSI Denny JA melibatkan 2.000 orang dengan menggunakan simulasi surat suara dan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Adapun margin of error survei ini adalah 2,2%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia