Advertisement

Pura-pura Menjadi Santri, di Ponpes Pemuda Ini Hanya Berniat Mencuri

Newswire
Kamis, 21 Maret 2019 - 19:37 WIB
Sunartono
Pura-pura Menjadi Santri, di Ponpes Pemuda Ini Hanya Berniat Mencuri Ilustrasi tersangka pencabulan anak kandung saat digelandang di Mapolres Bantul, Kamis (14/2/2019). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, TULUNGAGUNG--Bukannya beribadah dan belajar ilmua agama, seorang pemuda bernama Satria Bagus Maulana, 20, masuk ke pondok pesantren (ponpes) di kawasan Tulangagung, Jawa Timur hanya untuk mengincar barang berharga milik santri lainnya. Aksinya terungkap setelah tertangkap polisi, bahkan pelaku menyasar berbagai ponpes di Jawa Timur.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Tulungagung AKP Sumaji menyampaikan, sejak kasus ini terungkap, Satria sering melakukan aksi pencurian di sejumlah masjid dan ponpes. Agar kedoknya tak gampang terbongkar, Satria berpura-pura menjadi santri.

Advertisement

"Pada kejadian terakhir di sebuah pondok pesantren di Kelurahan Bago, Tulungagung, tersangka ikut kegiatan membaca Alquran, tapi begitu santri lengah dan tertidur, dia mengambil laptop dan ponsel santri," ujar Sumaji, Kamis (21/3/2019).

Saat menarget jamaah masjid, Satria tak segan ikut kegiatan ibadah ataupun zikir. Bahkan, pelaku kerap berpindah-pindah tempat dan dia tidak menggunakan kendaraan pribadi keberadaannya sulit terlacak polisi.

Ketika akhirnya jajaran Satreskrim Polres Tulungagung berhasil memastikan keberadaannya, Satria berusaha kabur saat hendak diringkus dan polisi pun menembak betis kanan Satria.

Kepada polisi, terang Sumaji, Satria mengaku menjual laptop dan ponsel hasil pencuriannya tersebut seharga Rp 2 juta. Menurut Sumaji, tersangka Satria telah menjalani operasi pencurian dengan target jamaah masjid dan santri di Kediri dan Tulungagung sejak 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement