Advertisement

Generasi Milenial di Magelang Diajak Menjadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

Nina Atmasari
Minggu, 03 Maret 2019 - 20:17 WIB
Nina Atmasari
Generasi Milenial di Magelang Diajak Menjadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Free style oleh aparat Polres Magelang dalam acara Car Free Day, di Lapangan Soepardi Kota Mungkid, Minggu (3/3/2019). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Polres Magelang bekerjasama dengan PWI Kabupaten Magelang menggelar kegiatan Car Free Day di Jalan Soekarno Hatta, Minggu (3/3/2019). Kali ini, mereka mengangkat tema 'Milenial Road Safety Festival' yang bertujuan untuk mengajak generasi milenial (generasi muda) khususnya di Kabupaten Magelang untuk menjadi pelopor keselamatan lalu lintas.

Kapolres Magelang, AKBP Yudianto Adhi Nugroho, dalam acara Car Free Day yang dipusatkan di Lapangan Soepardi Kota Mungkid menyebutkan saat ini angka kecelakaan lalu lintas masih didominasi oleh generasi muda. Pasalnya, angka kecelakaan yang berakibat fatal hampir 30% disumbangkan oleh generasi milenial tersebut.

"Kita berharap dengan adanya acara ini, mereka bisa menjadi agen-agen perubahan yang membawa dampak baik bagi teman-temannya," ujar Yudi, di sela kegiatan.

Guna menekan kecelakaan tersebut, pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya seperti, kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah mengenai safety riding. Ia menyebutkan bahwa, angka kecelakaan yang disebabkan oleh generasi milenial di Kabupaten Magelang  pada tahun 2018 lalu sejumlah kurang lebih mencapai 100 kasus. Dari jumlah tersebut, laka berat hampir 50%, didominasi oleh generasi milenial.

Menurut Yudi, kecelakaan yang disebabkan oleh generasi milenial tersebut karena kurangnya kesadaraan mengenai keselamatan lalu lintas, diantaranya tidak menggunakan perlengkapan dalam berkendara, tidak hati-hati di jalan (kebut-kebutan), bahkan ada yang belum memiliki SIM.

"Salah satu penyebabnya juga karena masih banyak yang belum memiliki SIM dalam berkendara," ungkap Yudi.

Bupati Magelang yang diwakili oleh Wakil Bupati Magelang, Edy Cahyana mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut, yang memberikan edukasi kepada masyarakat umum untuk lebih mempedulikan keselamatan dalam berkendara.

Dalam kegiatan tersebut, juga turut dimeriahkan oleh penampilan para anggota Lantas Polres Magelang saat melakukan free style (atraksi) dengan menggunakan motor Patwal. Selain itu, masyarakat juga dihibur dengan penampilan musik dangdut dan berbagai doorpize menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement