Hasil Survei, Hanya Satu Partai Baru yang Berpeluang Lolos ke Parlemen

Bendera partai politik. - Solopos/Maulana Surya
16 Januari 2019 17:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) masuk 10 besar partai yang dipilih masyarakat berdasarkan hasil survei lembaga survei Charta Politika. Lembaga ini merilis hasil temuannya terkait elektabilitas partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 mendatang.

Direktur Riset Charta Politika, Muslimin mengutarakan bila berdasarkan hasil surveinya hanya Perindo sebagai partai baru yang masuk dalam 10 besar.

Sehingga partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu pun memiliki kesempatan untuk menambah elektabilitasnya dan menembus ambang batas parlemen.

“Hanya Perindo partai baru yang masih punya kesempatan untuk masuk parlemen,” ujar Muslimin di Kantor Charta Politika, Kebayoran Baru, Jakara Selatan, Rabu (16/1/2019).

Dalam survei Charta Politika tersebut, elektabilitas Partai Perindo sebesar 2,7%.

Kata Muslimin, sosok Hary Tanoesoedibjo menjadi faktor tersendiri bagi Partai Perindo sehingga dapat melejit dibanding partai baru lainnya yang ikut dalam Pileg 2019.

“Perindo ini karena faktor Hary Tanoe yang merupakan ketua umumnya, kedua juga karena para calegnya,” imbuh dia.

Survei tersebut dilakukan dengan pada 22 Desember sampai dengan 2 Januari 2019. Dengan metode wawancara tatap muka. Kemudian, jumlah responden ini dari 34 Provinsi di Indonesia. Dengan margin of eror 2,19% pada tingkat kepercayaan 95%.

Sumber : Okezone.com