Advertisement

Dua Polisi Ditembak Mujahidin Indonesia Timur di Sulteng Saat Evakuasi Korban Mutilasi

Newswire
Senin, 31 Desember 2018 - 15:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Dua Polisi Ditembak Mujahidin Indonesia Timur di Sulteng Saat Evakuasi Korban Mutilasi Ilustrasi penembakan - Ist/Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Saat hendak mengevakuasi korban mutilasi, tim gabungan dari Polres Parimo dan Satgas Tinombala 3 terlibat baku tembak dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Akibatnya, dua personel kepolisian terkena luka tembak.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, peristiwa itu terjadi saat anggotanya melintas di Panta Kapal Dusun Salubase, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, pada Senin (31/12/2018), sekira pukul 09.00 Wita. Saat itu, anggota dari Resmob Satgas 3 Tinombala, Bripka Andrew Maha Putra, dan Sat Intelkam Res Parimo, Bripda Baso, ditembak oleh kelompok MIT Poso pimpinan Ali Kalora, pengganti Santoso yang sudah tewas.

Advertisement

"[Ada-red] empat kali tembakan, dua tembakan mengenai Bripka Andrew Maha Putra [Resmob satgas 3 Tinombala], 2 tembakan mengenai Bripda Baso [Sat Intelkam Res. Parimo]," kata Dedi Prasetyo.

Kejadian itu berawal saat tim gabungan melintas di lokasi, Bripda Baso melihat ranting pohon yang disusun berjejer di tengah jalan dan ada ranting besar yang melintang di tengah jalan.

"Saat itu Bripda Baso yang berboncengan dengan Bripka Andrew akan membersihkan ranting tersebut agar kendaraan yang digunakannya bisa melewati jalan tersebut. Namun, setelah Bripda Baso turun dari kendaraan langsung ditembak dari arah belakang kiri [posisi ketinggian] dan mengenai bahu sebelah kiri dan pantat," paparnya.

Dedi melanjutkan, Bripka Andrew kemudian langsung memberikan tembakan balasan, dalam kondisi tubuh yang telah tertembus peluru, yakni di bagian punggung ddan kaki kanannya patah tulang. Ia mengatakan, kemudian anggota lainnya yang berada di posisi belakang juga melepaskan tembakan ke arah kelompok MIT untuk megevakuasi kedua personel yang terluka.

“Setelah kurang lebih selama 30 menit bertahan di lokasi kontak tembak dengan memberikan tembakan perlawanan tim berhasil mengevakuasi 2 rekan yang terkena tembakan," katanya.

Keduanya kemudian langsung dibawa ke Puskesmas Sausu untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement