Advertisement

Warga Kepulauan Talaud Sulawesi Utara Rasakan Gempa 7,1 di Filipina

Newswire
Sabtu, 29 Desember 2018 - 13:25 WIB
Kusnul Isti Qomah
Warga Kepulauan Talaud Sulawesi Utara Rasakan Gempa 7,1 di Filipina Ilustrasi gempa bumi. - IST/Liputan6.com

Advertisement

Harianjogja.com, MANADO-Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,1 yang terjadi di Filipina, Sabtu, dirasakan masyarakat di wilayah Indonesia, khsususnya di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, dalam skala intensitas IV (Modified Mercalli Intensity).

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan gempa dengan magnitudo 7,1 yang mengguncang wilayah tenggara Filipina, adalah akibat subduksi lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao.

Advertisement

Menurut data BMKG yang dirilis dalam grup percakapan BMKG, PVMBG dan "stakeholder" di Manado, Sulawesi Utara, gempa ini dirasakan di Provinsi Davao Oriental dan Davao Ocidental, Filipina dalam skala intensitas V MMI.

Selain dirasakan masyarakat di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, warga di wilayah Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe juga merasakan gempa di intensitas III-IV MMI, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai (Maluku Utara) intensitas III MMI, sedangkan Manado, Ternate, Jailolo intensitas II MMI.

"Kepada masyarakat Kepulauan Sangihe dan Talaud diimbau tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia," katanya.

Episenter terletak pada koordinat 5,85 lintang utara (LU) dan 126,81 bujur timur (BT), tepatnya di laut pada jarak 201 kilometer arah timur laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara dengan kedalaman 69 kilometer.

Gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 10.39.12 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement