Advertisement

Tsunami Selat Sunda, Satu Balita Meninggal Terseret Gelombang Tsunami di Kiluan

Newswire
Minggu, 23 Desember 2018 - 12:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Tsunami Selat Sunda, Satu Balita Meninggal Terseret Gelombang Tsunami di Kiluan Dampak tsunami di Selat Sunda, Minggu (23/12/2018). - Ist/Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, BANDARLAMPUNG - Satu balita berumur tiga tahun meninggal dunia akibat terseret ombak tsunami di Pantai Kiluan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung yang menerjang sejumlah bibir pantai pada Sabtu malam 21.30 WIB.

"Sampai saat ini terdata satu orang balita meninggal dunia akibat terseret ombak. Balita tersebut bernama Leni berumur 3 tahun," kata Tim Reaksi Cepat RAPI Provinsi Lampung, Dirhamsyah saat dihubungi melalui telponnya dari Bandarlampung, Minggu (23/12/2018).

Advertisement

Dia menjelaskan, selain satu balita meninggal dunia, akibat kejadian semalam satu rumah habis terseret ombak dan puluhan rumah di bibir Pantai Kiluan juga mengalami kerusakan.

"Selain itu ada puluhan kapal nelayan juga mengalami kerusakan akibat ombak," terangnya.

Dia menambahkan, sampai saat ini masyarakat yang berada di bibir Pantai Kiluan tengah waspada dengan adanya ombak susulan. Masyarakat belum ada yang mendatangi kediamannya, dan mereka lebih memilih berada di dataran tinggi maupun di kediamanan saudaranya.

"Ombak pagi ini mencapai dua meter, masyarakat masih waspada dan lebih memilih berada di dataran tinggi," kata dia.

Tsunami terjadi pada Sabtu (22/12) sekitar pukul 21.27 WIB. Faktor penyebab tsunami masih dilakukan penyelidikan oleh BMKG untuk mengetahui secara pasti.

Kemungkinan disebabkan longsor bawah laut akibat erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) dan gelombang pasang akibat gerhana bulan purnama.

Dua kombinasi tersebut menyebabkan tsunami yang terjadi tiba-tiba menerjang beberapa pantai. BMKG masih berkoordinasi dengan Badan Geologi untuk memastikan faktor penyebabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement