Advertisement

Soal SKD CPNS Sulit karena Disiapkan Untuk Mencari Pemimpin 20-30 Tahun Lagi

Newswire
Jum'at, 23 November 2018 - 16:37 WIB
Nina Atmasari
Soal SKD CPNS Sulit karena Disiapkan Untuk Mencari Pemimpin 20-30 Tahun Lagi Peserta ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) mnengerjakan soal menggunakan metode computer Assisted Test (CAT) di Graha Soloraya kantor Bakorwil II Gladak, Solo, Kamis (16/10). - Solopos/Ardiansyah Indra Kumala

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di nilai terlalu sulit. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai ketua Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mendapatkan banyak kritikan dari para peserta.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, soal yang dibuat untuk tes SKD sama sekali tidak ada perubahan. Hanya saja ada beberapa perubahan dalam penyesuaian dengan perkembangan zaman.

Maksudnya adalah perubahan yang dilakukan bukan perubahan secara konteks. Akan tetapi hanya perubahan secara masalah yang diperbaharui untuk mengikuti perkembangan zaman di masa sekarang dan masa mendatang.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Dari sisi soal ujiannya itu kita harus melihat bahwa rekrutmen CPNS kali ini adalah untuk membangun atau mencari pemimpin Indonesia 20-30 tahun lagi," ujarnya, Jumat (23/11/2018).

Menurut Bima, perubahan tersebut memang sengaja dilakukan oleh panitia untuk menghasilkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbaik. Apalagi menurut Bima, para CPNS sekarang memang diproyeksikan untuk menjadi pemimpin dalam 20-30 tahun lagi.

Menurut Bima, era saat ini sudah tidak sama lagi seperti dengan era saat ini. Oleh karenanya, modifikasi soal ini sengaja dilakukan untuk menyaring para peserta yang benar-benar mampu berkompetensi di era mendatang.

"Kita liat 20-30 tahun lagi itu situasinya berbeda. Jadi soal lingkungan 20-30 tahun lagi itu kita tarik sekarang. Jadi soal-soal itu dibuat supaya mereka bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dan berkompetensi di era 30 tahun lagi," jelasnya.

Sebagai salah satu contohnya saja era pada saat ini, dimana industri teknologi digital merajarela. Padahal pada 10 tahun yang lalu, industri atau teknologi digital penggunaannya belum semasif saat ini

"Jadi peserta CPNS sekarang ini akan menjadi pimpinan 20-30 tahun lagu. Sekarang kalau mereka mau jadi pemimpin kira kira 20-30 tahun lagi itu seperti apa," jelasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ditinggal Beli Makanan, Motor di Dapur Digondol Maling

Kulonprogo
| Kamis, 29 September 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement