Advertisement

PMI Kirim Bantuan Logistik Tambahan ke Lokasi Terdampak Gempa-Tsunami di Sulteng

Newswire
Selasa, 02 Oktober 2018 - 14:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
PMI Kirim Bantuan Logistik Tambahan ke Lokasi Terdampak Gempa-Tsunami di Sulteng Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan bantuan logistik tambahan untuk membantu penanganan tanggap darurat pascagempa dan tsunami di sejumlah lokasi yang terdampak di Sulawesi Tengah.

"Langkah ini dilakukan sesuai arahan Pak Jusuf Kalla sebagi Ketua Umum PMI, beliau telah memerintahkan kepada segenap jajaran sumber daya PMI untuk terus mendukung upaya dalam penanganan bantuan para korban yang terdampak dalam membantu proses tanggap darurat," kata Kepala Biro Sarana dan Prasarana Markas Pusat PMI Tia Kurniawan dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Advertisement

Tia mengatakan PMI mengirimkan bantuan logistik dan kendaraan operasional dengan total dukungan logistik sebanyak 70 ton yang dikirim serentak dari empat gudang regional milik PMI se-Indonesia.

"Untuk gudang regional Serang, Banten, dikirim malam tadi melalui jalur laut yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan menggunakan kapal kemanusiaan KM Aishakamilah yang langsung bertolak menuju Palu," kata dia.

Sebanyak 25 ton bantuan dikirim dari gudang regional PMI di Serang, Banten, yang terdiri dari kebutuhan dasar prioritas untuk para pengungsi, seperti perlengkapan kebersihan, perlengkapan bayi, tenda pleton, tenda prame keluarga, selimut lurik, sarung, peralatan masak, matras, alat pelindung diri berupa masker medis dan sarung tangan lateks.

Selain bantuan logistik, PMI juga mengirimkan sejumlah kendaraan tambahan yang terdiri tujuh unit mobil tangki air, truk engkel, truk dobel, dan truk fuso serta alat berat lainnya seperti kendaraan multimedan amphibi hagglund.

"Tentunya bantuan logistik ini bukan yang terakhir, nanti akan ada lagi bantuan selanjutnya yang akan dikirim dengan melihat situasi dan kebutuhan di lapangan," ujar Tia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement