Advertisement

Tumben-Tumbenan Gibran Berang Jaket ala Dilan Jokowi Diejek

Annisa Margrit
Selasa, 10 April 2018 - 10:08 WIB
Nugroho Nurcahyo
Tumben-Tumbenan Gibran Berang Jaket ala Dilan Jokowi Diejek Presiden Joko Widodo mengendarai motor Chopper berwarna emas menuju Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Jaket yang dikenakan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Sukabumi, Jawa Barat pada akhir pekan lalu kembali menjadi sorotan dan menuai nada nyinyir dari warganet. 

Bukan hanya karena jaket itu mirip dengan yang dikenakan tokoh Dilan dalam film Dilan 1990 yang ngehits di bioskop melainkan karena ada gambar peta Indonesia yang terpampang dalam bagian depan jaket tersebut dan di bagian belakangnya bertulisan Indonesia dengan tipografi IND-ONE-SIA yang disusun vertikal.

Advertisement

Foto-foto mengenai aksi Jokowi berkonvoi dengan motor dalam kunjungan tersebut pun mewarnai sejumlah surat kabar nasional dan daerah. Salah satu surat kabar daerah menampilkan foto Jokowi yang mengenakan jaket tersebut dengan ritsleting terbuka, sehingga peta Indonesia yang ada di bagian depan jaket menjadi terbelah. Termasuk Harian Jogja edisi cetak terbitan Senin (9/4/2018) juga memuat foto tersebut.

Hal ini menjadi perbincangan setelah ada unggahan bernada nyinyir di media sosial yang menyatakan Jokowi bangga memperlihatkan Indonesia terbelah.

Unggahan itu langsung mendapat kecaman keras dari Gibran Rakabuming, putra tertua Jokowi. Lewat akun Instagramnya, @chillipari, dia menyatakan tidak marah karena orang tuanya dihina.

Namun, Gibran mengatakan unggahan tersebut telah melecehkan karya anak bangsa dan menghina kerja keras Nevertoolavish. Nevertoolavish adalah merek lokal yang membuat jaket denim tersebut.

"Ini brand lokal lho, kalo bukan kita yang beli/dukung siapa lagi? Ini jaketnya dilukis oleh seniman lokal. Hasil kerja keras dan keringat anak bangsa. Benci boleh. Mau bikin hashtag #2019gantipresiden silahkan. Tapi jangan menghina hasil karya teman saya," paparnya, Senin (9/4/2018).

Gibran menambahkan komentar ini disampaikannya bukan agar akun-akun yang mengunggah gambar tersebut dirisak, tapi karena dia merasakan sendiri bagaimana susahnya membangun dan membesarkan sebuah brand.

Berdasarkan penelusuran Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), akun Instagram @pencitraan.tv yang disebut dalam unggahan Gibran sebagai salah satu pengunggah gambar tersebut tidak dapat ditemukan. Adapun akun lainnya yang mengomentari hal serupa, @sr23_official sudah menghapusnya.

Postingan Gibran itu menuai banyak tanggapan dari warganet. Sebab Gibran jarang mengeluarkan postingan bernada marah. Beberapa kali ayahnya dipojokkan pun ia menanggapi dengan nada bercanda.

Lantaran tak biasa itu, sudah ada lebih dari 20.300 likes dan 3.000 komentar yang pro dan kontra pada Selasa (10/4/2018). Laman twitter pun tak kalah sepi.

Beberapa pengguna twitter malah mengomentari di timeline mereka sendiri. Pengguna akun @margito69 misalnya. Ia mengomentari postingan Gibran dengan mencuit, "Ini baru keren liat Mas Gibran chillipari marah. Marahnya marah profesional bukan marah emosional."

Adapun berdasarkan penelusuran JIBI, Minggu (8/4/2018), jaket denim Jokowi itu dibuat oleh sebuah usaha kreatif asal Indonesia bernama Nevertoolavish. Diungkap Nevertoolavish di Instagram @nevertoolavish, Jokowi mengunjungi booth pengusaha kreatif itu di Jakarta Sneaker Day pada awal Maret 2018.

Di acara itulah Jokowi memesan jaket itu seharga Rp4 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Karang Taruna di Bantul Diajak Mencegah Praktik Politik Uang dalam Pilkada 2024

Bantul
| Jum'at, 19 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement