PPDB 2015 : Jumlah Siswa Luar Kota Naik, Syarat Dapat Dipenuhi

Sejumlah orang tua siswa sibuk mengisi formulir pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di MTsN 1 Wonogiri saat mendaftarkan anak mereka ke sekolah tersebut, Sabtu (20/6/2015). (Trianto Hery Suryono/JIBI - Solopos)
08 Juli 2015 17:20 WIB News Share :

PPDB 2015 untuk SMP Negeri di Jogja kuota luar kota sudah terpenuhi

Harianjogja, JOGJA –Memasuki hari kedua pelaksanaan verifikasi pendaftaran dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP kota Jogja, beberapa sekolah sudah mulai terpenuhi kuota siswanya. Sejauh ini proses pendaftaran berjalan tertib tanpa kendala.

Ketua Penerimaan siswa baru SMPN 8 Jogja Samidi mengaku pada hari kedua ini kuota luar kota sudah terpenuhi. Bagi mereka yang masih ingin mendaftar bisa diterima, dan akan beradu dengan nilai calon siswa yang lain.

“Sejauh ini pelaksaan hari kedua cukup sepi. Berbeda dengan penerimaan pada hari pertama. Banyak calon siswa yang mengantri pada pagi hari,” jelas Samidi di SMPN 8 Jogja, Selasa (7/7/2015).

Samidi menjelaskan telah menerima 314 formulir yang dikembalikan, yakni 251 dari dalam kota dan 63 dari luar kota. Sejauh ini sudah ada 345 formulir yang masuk, sedangkan kuota luar kota sudah terpenuhi.

“Kami masih akan membuka kesempatan hingga Rabu (8/7/2015) mendatang. Diharapkan penerimaan kali ini berjalan dengan lancar,” kata Samidi.

Sementara itu sejumlah calo mengaku mengintip sekolah negeri favorit. Pasalnya, mereka masih mencoba untuk mendaftar di beberapa sekolah favorit baru pada hari ketiga mencari sekolah alternatif.

Salah satu calon peserta didik yang ingin mendaftar ke SMPN 8, Rara mengaku sudah melakukan pendaftaran ke sekolah lain. Namun karena takut tidak diterima dia melakukan pendaftaran di SMPN 8.

“Takut kalau nilainya belum bisa bersaing di SMPN 8 atau SMPN 5, saya pilih juga sekolah lainnya. Besok mungkin mau cari SMPN lain yang tahun lalu nilainya agak rendah,” jelas Rara di SMPN 8 Jogja.

Sejauh ini SMPN 5 dan SMPN 8 memang dianggap sebagian besar masyarakat Jogja memiliki standar penyaringan yang cukup tinggi. Hal ini membuat masing-masing calon peserta didik bersaing untuk mendapatkan kursi di dua sekolah ini.

Ketua PPDB Kota Jogja Samiyo mengatakan sejauh ini penerimaan berjalan dengan lancar. Semua persyaratan seperti surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) juga bisa dipenuhi seluruhnya oleh calon peserta didik.

“Tahun ini makin banyak siswa dari luar kota yang ingin masuk ke Jogja. Kami berharap verifikasi penerimaan siswa baru SMPN ini bisa berjalan dengan baik hingga akhir,” jelas Samiyo.