Advertisement

Perangi Hoaks dengan Siskamling Digital

Newswire
Rabu, 09 Januari 2019 - 23:10 WIB
Laila Rochmatin
Perangi Hoaks dengan Siskamling Digital Ilustrasi hoaks. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Ketua Masyarakat Anti Fitnah Indonesia Anita Hayatunnufus Wahid mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama memerangi hoaks dengan Siskamling Digital.

"Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk rajin siskamling digital seperti kami [Mafindo]. Tolong laporkan saja [bila menemukan hoaks]. Polisi punya aplikasi siber polisi, Menkominfo punya tempat menerima aduan. Mafindo juga bisa memverifikasi," kata dia Putri ketiga Gus Dur ini menyatakan hal tersebut, Rabu (9/1/2019).

Advertisement

Anita memaparkan beberapa cara yang bisa dilakukan netizen untuk melakukan Siskamling Digital. Salah satunya dengan kemauan mengakses sumber-sumber informasi yang berimbang dan tidak selalu memihak apa yang didukungnya.

Dalam hal ini, Mafindo telah meluncurkan beberapa platform untuk membantu netizen menyaring informasi. Di antaranya website cekfakta.com, turnbackhoax.id, serta platform aplikasi Hoax Buster Tool (HBT).

Anita menjelaskan jumlah hoaks bisa meningkat akibat suatu peristiwa tertentu, sehingga siskamling hoaks mesti ditingkatkan terutama jelang Pemilu 2019.

Dalam catatan Mafindo, rata-rata hoaks pada 2018 dinilai tinggi, yaitu mencapai 94 hoaks per bulan.

"Biasanya ketika ada [peristiwa] yang berhubungan dengan identitas keagamaan atau identitas kesukuan, tingkat hoaks meningkat. Kalau ada bencana alam pun, tingkat hoaks meningkat," ujar Anita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pegagan Berpotensi Memperbaiki Daya Ingat, Guru Besar UGM: Meningkatkan Dopamin

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement