Advertisement

Trump Ajak Putin dan Xi Jinping Bertemu Bahas Perlombaan Sejata yang Tak Terkendali

John Andhi Oktaveri
Selasa, 04 Desember 2018 - 14:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Trump Ajak Putin dan Xi Jinping Bertemu Bahas Perlombaan Sejata yang Tak Terkendali Presiden Amerika Serikat Donald Trump. - REUTERS

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Untuk membahas soal perlombaan senjata antarnegara yang "sudah tidak terkendali", Presiden AS Donald Trump ingin bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

"Saya yakin bahwa pada satu titik di masa depan, Presiden Xi dan saya, bersama Presiden Putin dari Rusia, akan mulai berbicara mengenai penghentian perlombaan senjata yang sudah tak terkendali," ujar Trump melalui akun Twitter pribadinya sebagaimana dikutip CNN.com, Selasa (4/12/2018).

Advertisement

Merujuk pada perlombaan anggaran senjata negara-negara besar, Trump kemudian menulis, "AS menghabiskan 716 dolar tahun ini. Gila!"

Kicauan itu diunggah pada Senin (3/12/2018), sekitar dua bulan setelah Trump mengumumkan bahwa dia berencana menarik AS dari Perjanjian Senjata Nuklir Jarak Menengah (INF) yang disepakati dengan Rusia pada Perang Dingin.

Perjanjian tersebut melarang pembuatan rudal nuklir dengan jangkauan 500 hingga 5.000 kilometer. Trump ingin menarik diri karena menganggap Rusia melanggar perjanjian ini selama beberapa tahun belakangan.

Akan tetapi, para pejabat Moskow justru menuding AS melakukan "pelanggaran mencolok" terhadap perjanjian itu. Putin pun mengatakan bahwa wacana AS untuk menarik diri itu dapat memicu "situasi berbahaya."

Trump melontarkan pernyataan ini tak lama setelah bertemu dengan Xi Jinping di sela konferensi tingkat tinggi G20 di Argentina.

Tiongkok sendiri bukan bagian dari perjanjian tersebut. Namun, sejumlah pengamat menganggap batas waktu pasti penarikan diri AS belum pasti sehingga dapat membuka kemungkinan solusi baru yang bisa saja melibatkan Tiongkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement