Advertisement

KA Jogja-Solo-Semarang-Purwokerto Mulai Beroperasi, Ini Daftar Harga Tiketnya

Farida Trisnaningtyas
Jum'at, 30 November 2018 - 13:17 WIB
Nina Atmasari
KA Jogja-Solo-Semarang-Purwokerto Mulai Beroperasi, Ini Daftar Harga Tiketnya ilustrasi kereta api. (Solopos/Dok)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO -- Kereta api relasi Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto dengan nama KA Joglosemarkerto diluncurkan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Peluncuran perdana KA Joglosemarkerto ini dilaksanakan di Stasiun Solo Balapan, Sabtu (1/12/2018).

Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan KA Joglosemarkarto merupakan perpanjangan dari salah satu rute KA Kamandaka yang semula relasi Semarang Tawang-Purwokerto diteruskan menuju Yogyakarta-Solo-Semarang Tawang.

Advertisement

Selain KA Kamandaka, perubahan perpanjangan relasi juga dilakukan pada KA Joglokerto yang semula beroperasi dari Solo Balapan menuju Purwokerto PP, akan diteruskan relasinya hingga Semarang-Solo-Yogyakarta.

Pola operasi baru juga dilakukan dengan mengubah relasi KA Jaka Tingkir dengan keberangkatan semula dari Stasiun Purwosari diubah menjadi berangkat dari Stasiun Lempuyangan dengan tujuan sama, yakni Stasiun Pasar Senen.

Perubahan jam keberangkatan KA Jaka Tingkir dari Stasiun Pasarsenen semula berangkat pukul 11.30 WIB menjadi pukul 07.15 WIB WIB. Perubahan jam keberangkatan KA Jaka Tingkir relasi Lempuyangan-Pasarsenen, yang semula berangkat dari Stasiun Purwosari pukul 18.00 WIB menjadi berangkat dari Stasiun Lempuyangan pukul 19.00 WIB.

“Setiap perjalanan KA Joglosemarkerto menggunakan dua kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan tujuh kereta ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk,” ujarnya dalam jumpa pers di Stasiun Solo Balapan, Jumat (30/11/2018).

Ada pun harga tiket KA Joglosemarkerto dari Solo ke Tegal untuk eksekutif Rp170.000 dan ekonomi Rp100.000 (via Purwokerto), sementara Solo ke Tegal via Semarang-Tawang untuk eksekutif Rp140.000 dan Rp80.000 ekonomi.

Tarif di atas adalah tarif normal KA Joglosemarkerto. Namun demikian, bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dengan KA Joglosemarkerto pada periode keberangkatan 1-13 Desember 2018, KAI memberikan diskon sebesar 10%.

“Dengan dibukanya relasi baru, KA Joglosemarkarto memberikan pilihan konektivitas relasi tujuan bepergian masyarakat Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal, dan sekitarnya sehingga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di daerah-daerah tersebut,” ujar Kepala Daop VI Yogyakarta, Eko Purwanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada DIY Digelar November Mendatang, Ini Syarat Calon Kepala Daerah dan Parpol Pengusungnya

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement