Advertisement

Sosiolog : Tradisi Berziarah ke Makam Tokoh Besar Berakar dari Kepercayaan Animisme

Newswire
Minggu, 25 November 2018 - 05:50 WIB
Bhekti Suryani
Sosiolog : Tradisi Berziarah ke Makam Tokoh Besar Berakar dari Kepercayaan Animisme Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Kota Jogja, Kamis (20/9/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Makam tokoh besar atau yang dianggap keramat kerap menjadi tujuan ziarah masyarakat Indonesia.

Berziarah ke makam para tokoh besar nasional sudah menjadi tradisi bagi Muslim di Indonesia. Banyak juga yang berharap petuah karena dipercaya lewat makam “orang suci” itu, maka doa cepat dikabulkan.

Advertisement

Merespons hal tersebut, Sosiolog Universitas Nasional Sigit Rochadi, kebiasaan itu tetap ada karena sudah mengakar di masyarakat.

“Makam merupakan tempat yang dipercaya sakral dan tempat bersemayam jiwa atau roh yang memiliki kekuatan yang diharapkan membantu orang-orang yang mengunjunginya. Ini berakar pada tradisi masyarakat,” tutur Sigit, Kamis (22/11/2018).

Tradisi itu menurutnya mengakar karena masih kentalnya kepercayaan animisme di masyarakat. Hal ini menurutnya harus diantisipasi dengan menyulap kuburan menjadi taman.

“Karena itu untuk mencegah menguatnya tahayul, kuburan diubah menjadi taman. Di sini orang mengunjungi makam seperti bermain dan menikmati keindahan taman,” terangnya.

Seharusnya, kata dia, tujuan dari berziarah tersebut adalah untuk mendekatkan batin antara keluarga yang terlebih dulu ditinggalkan dengan almarhum atau almarhumah.

“Dengan ziarah berharap dapat mendekatkan diri kepada almarhum atau almarhumah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

JJLS Disebut Rawan, Bupati Gunungkidul Minta Kelompok Jaga Warga Mengambil Peran

Gunungkidul
| Rabu, 24 April 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement