Maskapai Singapore Airlines yang Kembali ke Landasan Ternyata Pesawat Jenis Boeing

Singapore Airlines Boeing 777 ER - AirlineReporter
19 November 2018 17:12 WIB Bhekti Suryani News Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Singapore Airlines yang kembali ke landasan Bandara Changi Singapura pada Senin (19/11/2018) pagi setelah satu jam take off, ternyata adalah pesawat jenis Boeng 777-300ER.

Pesawat ini kembali ke landasan setelah pilot melaporkan terjadi penurunan tekanan pada kabin ke petugas air traffic controllers (ATC).

Menurut pantauan FlightRadar24, pesawat Boeing 777-300ER penerbangan SQ336 tujuan Paris itu telah mencapai ketinggian 24.000 kaki di atas wilayah Malaysia ketika pesawat itu terpaksa kembali ke landasan di Singapura.

Masker oksigen pun dikeluarkan saat insiden tersebut, dan pesawat turun ke ketinggian 6.000 kaki, seperti dilaporkan The Straits Times. Pesawat tersebut berputar-putar kurang lebih satu jam untuk menghabiskan bahan bakar sebelum kembali ke landasan.

Dikonfirmasi soal insiden tersebut, juru bicara Singapore Airlines (SIA) menyatakan ada 234 penumpang dan 17 kru di dalam pesawat tersebut. Tak ada yang terluka dalam kejadin ini. Di Bandara Changi sendiri, kendaraan emergensi disiapkan untuk menerima kedatangan pesawat yang kembali ke landasan itu. Pesawat akhirnya mendarat sekitar pukul 02.30 am waktu setempat.

Akibat insiden tersebut, pesawat baru bertolak dari Singapura pada pukul 06.00 am dan dijadwalkan tiba di Paris, Prancis, pada pukul 12.17 pm waktu setempat, kata otoritas SIA.

Pesawat dengan nomor penerbangan SQ336 itu awalnya dijadwalkan tiba di Paris pada pukul 7.15 am (waktu setempat), pada 19 November 2018.

Penumpang yang memposting foto kondisi dalam pesawat tersebut di media sosial Twitter mengatakan mereka dialihkan ke pesawat SIA setelah maskapai Air France yang mereka pesan dibatalkan keberangkatannya karena masalah teknis.

Sumber : businesstimes