Advertisement

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

Ujang Hasanudin
Kamis, 09 Mei 2024 - 00:17 WIB
Ujang Hasanudin
Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan KRL Jogja-Solo. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KAI Commuter Line menambah operasional kereta rel listrik atau KRL Jogja Solo dari 24 perjalanan menjadi 30 perjalanan setiap hari selama libur panjang Kenaikan Yesus Kristus. 

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan bertepatan dengan libur panjang Kenaikan Yesus Kristus pekan ini diprediksi akan ada peningkatan jumlah penumpang KRL Jogja Solo maupun KRL Solo Jogja. 

Advertisement

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang , KAI Commuter mengoperasikan enam jadwal perjalanan tambahan KRL Jogja Solo dari Stasiun Tugu Jogja hingga Stasiun Palur. Dengan demikian, ada 30 perjalanan setiap harinya selama empat hari kedepan dari 9 Mei 2024 hingga 12 Mei 20-24.

"Pada periode tersebut, KAI Commuter mengoperasikan 15 perjalanan dari Stasiun Palur menuju Stasiun Yogyakarta mulai pukul 04.55 hingga pukul 20.53 WIB. Selain juga, ada 15 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Palur mulai pukul 05.30 hingga pukul 22.35 WIB," katanya melalui keterangan resminya, Rabu (8/5/2024).

Lebih lanjut Anne mengatakan total pengguna KRL Jogja Solo pada libur panjang ini sebanyak 93.895 orang atau rata-rata sebanyak 23.474 orang per harinya. KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga memprediksi volume tertinggi selama libur panjang Kenaikan Yesus Kristus ini sebanyak 24.768 orang pada Minggu 12 Mei 2024.

Sesuai data tercatat, pada Mei 2024 ini rata-rata pengguna pada hari libur atau akhir pekan sebanyak 25.871 orang per hari. Sedangkan pada April kemarin rata-rata sebanyak 26.320 orang per hari, dimana volume tertinggi pada hari libur atau akhir pekan menembus angka 41.535 orang yaitu pada Sabtu, 13 April 2024.

BACA JUGA: Branding Bantul sebagai Cikal Bakal Mataram Digulirkan untuk Tarik Minat Wisatawan

"Pada hari libur, Stasiun Yogyakarta terpantau sebagai stasiun dengan volume terbanyak. Tercatat pada hari libur atau akhir pekan rata-rata volume di stasiun tersebut sebanyak 10 – 11 ribu orang tiap harinya. Volume tertinggi mencapai 17.390 orang pada Sabtu 13 April 2024, bertepatan dengan masa libur Lebaran 2024," paparnya.

Maka itu, untuk menghindari kepadatan di stasiun tersebut, KAI Commuter mengimbau pengguna KRL Jogja Solo untuk naik dari stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan yang biasanya mencatat rata-rata volume pengguna sebanyak 2.600 – 3.000 pada hari libur.

Di sisi lain, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga meningkatkan layanannya pada libur panjang esok dengan penambahan toilet, perluasan musala, penambahan kanopi, penambahan Pos Kesehatan dan penambahan fasilitas layanan lainnya di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Brambanan dan Stasiun Jenar, Stasiun Purwosari, Stasiun Delanggu, dan Stasiun Palur.

Sedangkan penambahan perjalanan Commuter Line sendiri dilakukan untuk memudahkan para wisatawan menuju destinasi wisata di wilayah Yogyakarta, Solo hingga Karanganyar. Mengingat, Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata pada saat liburan.

Diharapkan juga pengguna yang akan berwisata menggunakan Commuter Line dapat lebih nyaman. Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code.

"Selama perjalanan dengan KA Lokal atau Commuter Line, KAI Commuter mengimbau pengguna tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak, menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Senin 20 Mei 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement