Jokowi Minta Industri Kreatif Tak Diatur-atur

Presiden Joko Widodo menanti kehadiran Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Ibu Siti Hasmah dalam kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6/2018). - Antara/Puspa Perwitasari
11 November 2018 11:50 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, BANDUNG- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji perkembangan industri kreatif yang ada di Bandung.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui creative hub atau pusat kreatif di Indonesia yang paling siap ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Ini disampaikan Jokowi saat diskusi dan temu anak muda dan kreator kreatif kota Bandung.

"Contoh-contoh konkret yang ada di sini, saya ingin mengatakan bahwa Creative Hub Indonesia yang paling siap adalah ya di Bandung," ucap Jokowi di Creative City Forum, Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018) malam.

Menurut Jokowi, hampir semua produk yang berkaitan dengan industri kreatif ada di Kota Kembang di antaranya seperti content creator.

"Sampai saya tadi 'aduh' terbuka betul bahwa merespons perubahan global kita ini tidak ketinggalan," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, yang dibutuhkan saat ini adalah sebuah ekosistem yang baik. Bahkan, Jokowi juga menyampingkan soal regulasi. Sebab, kata dia, industri kreatif sebaiknya tidak terlalu diatur-atur oleh pemerintah.

"Terlalu banyak diatur-atur malah enggak kreatif nanti. Menurut saya, keterbukaan lebih baik untuk memunculkan ide-ide baru, memunculkan gagasan-gagasan baru, program-program baru, dari anak-anak muda," jelas Jokowi.

Di hadapan generasi milenial, Jokowi mengaku sudah minta menteri terkait untuk tidak membuat aturan yang aneh terkait digital economy yang berkaitan dengan industri kreatif.

"Kalau sudah diminta betul oleh pelaku-pelaku baru munculkan' karena sering-sering regulasi itu tidak memberikan dukungan untik memunculkan sebuah ide dan gagasan. Justru biasanya malah menghambat, ini yang saya takut," katanya.

"Sehingga sekali lagi saya ingin mengatakan selamat datang industri kreatif, industri digital, digital economy di negara kita yang sudah disambut cepat oleh Bandung," Jokowi menambahkan.

Sumber : Suara.com