Advertisement

Black Box Lion Air JT610 Ditemukan Utuh di Kedalaman 30 Meter

Newswire
Kamis, 01 November 2018 - 11:36 WIB
Nina Atmasari
Black Box Lion Air JT610 Ditemukan Utuh di Kedalaman 30 Meter Ilustrasi evakuasi Lion Air JT610. - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pencarian kotak hitam (black box) pesawat Lion Air JT 610 membuahkan hasil. Black box berhasil ditemukan. Penyelam Batalyon Intai Amfibi, Sertu Hendra menjelaskan, black box itu ditemukan di Perairan Karawang, Jawa Barat pada kedalaman 30 meter.

"Itu tidak di dalam serpihan pesawat. Sendiri ya. Itu di kedalaman 30 meter," tegas Sertu Hendra di KR Baruna Jaya I, Kamis (1/11/2018).

Advertisement

Dia menambahkan, black box tersebut berwarna oranye dan kondisinya utuh. setekah ditemukan, kotak hitam diangkut ke kapal baruna jaya 1. Hendra menceritakan, proses penemuan black box saat menyelam.

"Kami sempat putus asa mengikuti alat, karena tidak banyak ditemukan bongkahan. Hanya bongkahan-bongkahan kecil, tapi kami terus ikuti alat. Kami kecilkan areanya lalu pada tempat yang alatnya menimbulkan sensitif tersebut lalu kami gali-gali, dan ternyata kami mendapatkan black box," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pencarian dan Penyelamatan atau Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi pada Rabu, 31 Oktober 2018 mengatakan, posisi kotak hitam berada di kedalaman 32 meter dari titik kordinat dari lokasi pesawat jatuh.

Syaugi mengungkapkan sinyal yang biasa dikeluarkan dari kotak hitam sudah terdengar. Namun, tim penyelam mengalami kesulitan dikarenakan arus laut sangat kuat dan bisa membahayakan penyelam.

Usaha menggunakan jangkar untuk mengangkat bagian utama tempat biasa kotak hitam ditempatkan juga semakin sulit karena di lokasi terdapat banyak pipa milik pertamina. Tim Basarnas akan mencoba mengangkat bagian utama pesawat menggunakan crane berkekuatan 100 ton, milik Kementerian ESDM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sultan Jogja Ingatkan Abdi Dalem Harus Jadi Penjaga Budaya

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement