HARIAN JOGJA HARI INI: Dana Desa Butuh Ruang Gerak

Harian Jogja Hari Ini edisi 3.649, Senin Kliwon (22 Oktober 2018). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
22 Oktober 2018 10:37 WIB Kusnul Isti Qomah News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah perlu memberi banyak keleluasaan kepada desa untuk memanfaatkan dana desa. Di saat bersamaan, pangawasan harus semakin ketat untuk mencegah dana desa yang besarnya terus meningkat menjadi ladang korupsi.

Honorer DIY Kirim Demonstran ke Jakarta
BANTUL—Organisasi guru dan pegawai honorer di DIY akan mengirimkan rombongan pengunjuk rasa ke Jakarta demi menuntut perbaikan nasib. Mereka meminta pemerintah maklum dan tidak mengintimidasi guru dan pegawai honorer yang berniat menyuarakan tuntutan.

Ingat, Jangan Membuang Makanan!
Pekan lalu, tepatnya 17 Oktober, diperingati Hari Pemberantasan Kemiskinan. Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengingatkan warga dunia untuk tidak membuang-buang makanan. Alasannya, masih banyak warga miskin yang belum mendapat jaminan bisa makan setiap harinya. Berikut laporan yang dihimpun wartawan Harian Jogja, Galih Eko Kurniawan, dari berbagai sumber.

Pelajar Sabet Pemuda Pakai Pisau
BANTUL—Kenakalan remaja yang berujung pada tindak kekerasan dan mengakibatkan jatuhnya korban kembali terjadi. Kali ini, dua kelompok remaja terlibat perkelahian di Simpang Tiga Cepit, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Minggu (21/10) dini hari yang mengakibatkan satu orang terluka akibat terkena sabetan pisau lipat.

Rotasi Dulu sebelum Lelang Jabatan
JOGJA—Sebelum melelang jabatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja bakal merotasi jabatan eselon II terlebih dulu. Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengaku telah mengantongi sejumlah nama pejabat yang hendak dirotasi.

Berkas Tersangka Sudah Ada di Kejaksaan
BANTUL—Berkas enam tersangka pengeroyokan seorang penonton laga sepak bola Derbi DIY hingga tewas pada Juli lalu di Stadion Sultan Agung Bantul, Muhammad Iqbal Setiawan, 16, kini sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bantul. Polisi masih menununggu hasil penelitian jaksa sebelum melimpahkan tersangka berikut barang buktinya.

SID Belum Optimal
WONOSARI–Web milik desa dinilai belum optimal meski Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sudah mengembangkan sistem informasi desa (SID) sejak 2013 lalu.

Pembudidaya Terganjal Kelangkaan Benih
WATES—Sejak dua tahun terakhir, pembudidaya ikan gurami kesulitan mendapatkan benih. Kelangkaan benih terjadi lantaran minimnya pasokan benih ikan dari suplier yang berasal dari luar daerah.

Mebel Bisa Jadi Instrumen Investasi
JOGJA—Mebel produk lokal dinilai bisa jadi instrumen investasi. Pasalnya produk mebel lokal yang mayoritas dibuat dari bahan kayu pilihan punya karakter yang berbeda dengan produk impor. Makin lama usianya, harga jual mebel lokal menjadi makin mahal.

Milenial, Generasi Harapan Perbankan Masa Depan
Bagi institusi keuangan seperti perbankan, generasi milenial menjanjikan potensi yang lebih besar daripada sekadar kredit kecil-kecilan. Bank tengah memupuk generasi tersebut dengah harap dapat memetik buah manis pada masa mendatang. Berikut laporan wartawan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Ilman A. Sudarwan & Ipak Ayu H. Nurcaya.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja dalam versi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.
Anda juga dapat membaca Harian Jogja dalam versi digital melalui epaper.harianjogja.com.
Selamat membaca.
Harian Jogja, Berbudaya, Membangun Kemandirian.