Truk Pengangkut Pengungsi Kecelakaan di Turki, 19 Orang Tewas

Ilustrasi kecelakaan - Ist
14 Oktober 2018 21:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, ISTANBUL-Sebanyak 19 orang, termasuk anak-anak, tewas akibat kecelakaan truk pembawa pengungsi di propinsi Izmir, Turki barat, pada Minggu (14/10/2018), kata kantor berita negara Anadolu.

Reruntuhan truk terbuka itu tergeletak di saluran air, sekitar 20 meter di bawah jalan raya, tempatnya diduga terjun sesudah menabrak penghalang, kata video dan foto terbitan Anadolu.

Menurut kantor berita swasta Demiroren (DHA), penumpang truk itu adalah pengungsi asing, yang mencapai kesepakatan dengan pedagang akan diangkut dengan perahu ke pulau Samos, Yunani, di lepas pantai selatan Izmir.

Asal pengungsi tersebut tidak jelas.

Turki menjadi salah satu tempat peluncuran utama lebih dari satu juta pengungsi, yang mengambil jalur laut ke wilayah Eropa Bersatu pada 2015, banyak yang lari dari perang dan kemiskinan di Timur Tengah dan Afrika.

Arus pengungsi itu secara tajam dibatasi oleh kesepakatan Ankara dengan Eropa Bersatu pada 2016, setelah ratusan tewas saat menyeberang menuju kepulauan Yunani beberapa kilometer dari pantai Turki.

Pengemudi truk itu kehilangan kendali dan kendaraan tersebut terjun sekitar pukul 08.00 pagi (12.00 WIB) di kabupaten Gaziemir, dekat bandar udara di selatan kota Izmir, kata DHA.

Wartawan CNN Turk di tempat tersebut menyatakan pekerja darurat berupaya mengambil korban tewas dan terluka, yang terperangkap di bawah truk itu.

DHA menyatakan lima orang, termasuk pengemudinya, luka parah, sementara Anadolu mengatakan 11 terluka dan dibawa ambulans ke rumah sakit terdekat.

Sumber : Antara