Advertisement

Membandingkan Cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno, Siapa Lebih Unggul?

Newswire
Selasa, 21 Agustus 2018 - 23:17 WIB
Nina Atmasari
Membandingkan Cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno, Siapa Lebih Unggul? Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin menuju tempat peletakan batu pertama proyek pembangunan Menara MUI di Bambu Apus, Jakarta, Kamis (26/07). - ANtara foto/Puspa Perwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dua bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi bakal calon presiden dalam Pilpres 2019 mendatang dari kalangan yang jauh berbeda.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis peta kekuatan personal antara bakal calon wakil presiden KH Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019 mendatang. Lalu bagaimanakah head to head di antara keduanya?

Advertisement

Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby mengatakan berdasarkan hasil survei yang dilakukan kepada responden dengan pertanyaan siapakah yang akan dipilih sebagai wakil presiden, elektabilitas Ma’ruf Amin lebih tinggi dibandingkan dengan Sandiaga Uno.

“Dukungan terhadap KH Ma’ruf Amin sebesar 43,7 persen, sementara dukungan terhadap Sandiaga sebesar 30,7 persen,” ujar Adjie saat memaparkan hasil survei di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2018).

Adjie menerangkan, elektabiltas kedua cawapres tersebut juga terpengaruh oleh elektabilitas capresnya, sehingga angka elektabilitas cawapres relatif mirip dengan angka elektabilitas capresnya.

Di sisi lain, pada segmen agama, bakal cawapres Ma’ruf Amin unggul dari Sandiaga di pemilih muslim dengan angka 44,70 persen dan sementara Sandiaga hanya di angka 30 persen. Meski begitu Sandiaga menang di angka pemilih non muslim.

“Ma’ruf Amin hanya memiliki angka elektabilitas 34,7 persen dan Sandiaga di 36,6 persen,” jelasnya.

Ia melanjutkan, pada segmen ekonomi Ma’ruf mampu unggul di kelas ekonomi bawah (wong cilik) dan kelas menengah. Sandiaga hanya mampu unggul di kalangan pemilih kelas atas.

Selanjutnya, sambung Adjie, di segmen pendidikan, Ketua MUI tersebut mampu unggul dari mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pada segmen rendah hingga menengah.

“Namun kalah dari Sandiaga yang unggul di pemilih berpendidikan tinggi,” katanya.

Sementara untuk segmen usia, Sandiaga berhasil memikat pemilih pemula. Tetapi Ma’ruf berhasil menarik pemilih generasi mileneal (20-39 tahun) dan generasi x hingga babyboomer (di atas 40 tahun).

Adjie menambahkan bilamana di segmen gender Ma’ruf menang telak dipemilih laki-laki dan mampu unggul tipis di kalangan pemilih perempuan dari Sandiaga. Akan tetapi Ma’ruf Amin kalah populer dibandingkan dengan Sandiaga Uno.

“Popularitas Sandiaga telah mencapai 73,9 persen, sementara Ma’ruf hanya sebesar 68,7 persen. Tingkat kesukaan terhadap Sandiaga juga relatif tinggi,” pungkas Adjie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Komplotan Spesialis Pengganjal ATM di Gerai Ritel Modern Ditangkap Polresta Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement