HARIAN JOGJA HARI INI: Banyak Korban Tertimpa Bangunan

Harian Jogja Hari Ini edisi 3.576, Selasa Wage (7 Agustus 2018). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
07 Agustus 2018 11:17 WIB Kusnul Isti Qomah News Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, LOMBOK—Gempa yang mengguncang Lombok dalam sepekan terakhir dan menewaskan puluhan nyawa menjadi pengingat pentingnya mitigasi bencana.

Dinamika Lempeng Tektonik
Kerak bumi terpecah jadi sejumlah lempeng tektonik, yang mengambang di cairan magma panas. Pergerakan lempeng adalah pemicu gempa bumi, seperti yang terjadi di Pulau Lombok, Minggu (5/8). Cincin Api Pasifik disebut-sebut menjadi kawasan kegempaan paling aktif. Berikut laporan yang dihimpun wartawan Harian Jogja, Galih Eko Kurniawan, dari berbagai sumber.

DIY Masuki Pekan Terdingin
JOGJA—Pekan ini suhu di DIY akan mencapai titik terendah. Diperkirakan suhu akan kembali pulih seperti sediakala saat awal musim hujan.

PPM Gugat Pemkot
JOGJA—Tak cukup dengan melayangkan surat ke Wali Kota Jogja agar membersihkan bagian depan toko mereka dari pedagang kaki lima, Paguyuban Pengusaha Malioboro (PPM) resmi mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jogja.

Kematian Ibu Melahirkan Fluktuatif
SLEMAN—Angka kematian ibu melahirkan di Kabupaten Sleman sangat fluktuatif tiap tahunnya. Di semester pertama tahun ini, sudah ada tiga kasus ibu meninggal saat melahirkan.

Kesadaran Membayar Pajak Rendah
BANTUL-Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bantul terus berupaya mencari terobosan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2). Pasalnya saat ini kesadaran masyarakat untuk melunasi PBB-P2 masih rendah.

Kebakaran Tanggung Jawab Bersama
KOKAP—Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY berharap kebakaran hutan menjadi tanggung jawab bersama. Penegasan itu disampaikan oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA DIY, Untung Suripto, saat apel di kawasan Suaka Margasatwa Sermo, Senin (6/8).

Calon Kades Mesti Berintegritas
WONOSARI—Calon kepala desa yang akan bertarung meraup suara masyarakat dalam Pilkades serentak Gunungkidul pada 13 Oktober mendatang diharap mampu menjaga keamanan lingkungan. Jangan sampai terjadi kegaduhan yang memecah belah masyarakat.

Riset Harus Sesuai Kebutuhan
TANGERANG SELATAN-Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan saat ini fokus Kemenristekdikti adalah menjadikan riset sebagai tulang punggung kemajuan bangsa Indonesia. Ke depan riset di perguruan tinggi harus berdasarkan demand side.

Ramadan & Lebaran Dorong Pertumbuhan Ekonomi
JOGJA—Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, perekonomian DIY triwulan II /2018 dibanding triwulan II/2017 (year on year/yoy) tumbuh 5,90%. Lebih tinggi dibanding triwulan sebelumnya yang tumbuh 5,38% dan juga lebih tinggi dibanding triwulan II/2017 yang tumbuh 5,21%. Selain didukung oleh semua lapangan usaha, aktivitas ekonomi juga didorong tingginya konsumsi saat Ramadan dan Lebaran.

Hadapi Banyak “Kaca”
Menjabat sebagai Manajer PT PLN (Persero) Area Jogja dilakoni Eric Rossi Priyo Nugroho dengan sepenuh hati. Selain berkutat dengan urusan kelistrikan, peningkatan kualitas layanan juga jadi prioritasnya. Bagaimana caranya meramu semuanya demi memberikan pelayanan yang berkualtas? Berikut laporan wartawan Harian Jogja, Rheisnayu Cyntara.

Ad Tokopedia