Advertisement

Waduh, Tanaman Padi di Cirebon Seluas 126 Hektare Puso

Newswire
Rabu, 01 Agustus 2018 - 15:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Waduh, Tanaman Padi di Cirebon Seluas 126 Hektare Puso Ilustrasi Panen padi - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, CIREBON-Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mencatat pada musim kemarau kali ini tercatat seluas 126 hektare tanaman padi yang terkena puso atau gagal panen.

"Lahan yang terkena puso terdapat di Cirebon bagian timur itu mencapai 126 haktare, karena sudah tanam, tetapi air tidak ada," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Ali Effendi di Cirebon, Rabu (1/8/2018).

Advertisement

Wilayah Cirebon timur kata Ali, kekeringan karena musim kemarau yang terjadi dan juga aliran air dari waduk Jatidarma di Kuningan saat ini kurang maksimal.

Padahal lanjut Ali, ketika air itu bisa mengaliri tanaman padi yang baru ditanam, maka diperkirakan tidak akan terkena puso, sayangnya setelah menanam dan padi membutuhkan suplai air malah tidak ada.

"Yang terkena puso di daerah timur yang airnya bersumber dari waduk Jatidarma di Kuningan," tuturnya.

Selain itu di wilayah Cirebon bagian timur juga tanaman padi harus segera diselamatkan, karena masih ada yang baru ditanam satu bulan dan itu membutuhkan suplai air.

"Di wilayah timur harus diwaspadai, karena masih ada yang baru ditanam satu bulan, dan harus ada suplai air untuk menyelamatkannya," kata Ali.

Ali menambahkan secara keseluruhan di Kabupaten Cirebon, tanaman padi yang terancam kekeringan itu sekitar 25 ribu hektare. Namun itu semua bisa diselamatkan kalau aliran air yang bersumber dari beberapa waduk bisa dipertahankan debit yang digelontorkan.

"Intinya kalau Cirebon mau aman tidak ada kekeringan itu aliran dari waduk harus 16 meter kubik per detik itu akan aman semua," kata Ali.Budi Suyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement