Advertisement

PILKADA SERENTAK: 271 Personel Disiagakan Polresta Madiun

Newswire
Senin, 25 Juni 2018 - 15:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
PILKADA SERENTAK: 271 Personel Disiagakan Polresta Madiun Ilustrasi Pemilu. (JIBI)

Advertisement

Harianjogja.com, MADIUN-Sebanyak 271 personel disiagakan Kepolisian Resor (Polres) Madiun Kota guna mengamankan proses pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Kota Madiun dan Pilkada Jatim pada 27 Juni 2018.

"Ratusan personel tersebut akan mengamankan sebanyak 421 tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di wilayah hukum Polres Madiun Kota," ujar Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu saat apel gelar pasukan di halaman GOR Wilis Kota Madiun, Senin (25/6/2018).

Advertisement

Sesuai pendataan, dari 421 TPS yang ada, sebanyak 310 TPS berada di wilayah Kota Madiun yang tesebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Taman, Manguharjo, dan Kartoharjo. Sedangkan 111 TPS lainnya berada di Kecamatan Jiwan dan Sawahan, Kabupaten Madiun.

Dalam pengamanan tersebut, Polres Madiun Kota juga melibatkan unsur TNI setempat, baik TNI AD maupun TNI AU, pemda, maupun sejumlah ormas di Kota Madiun, seperti Banser, Paguyuban Pencak Silat Madiun, dan lainnya.

"Kegiatan tahap pemungutan suara sangat rawan terjadinya gangguan kamtibmas, karenanya pengamanan dan kesiapsiagaan harus ditingkatkan," kata dia.

Ia menjelaskan, telah mendata TPS di wilayahnya sesuai kategori aman, rawan, dan sangat rawan. Pola pengamanan yang diberikan di masing-masing TPS juga menyesuaikan dengan kategori yang telah ditetapkan tersebut.

"Pengamanan berbeda di tiap TPS tersebut untuk memastikan situasi dan kondisi masing-masing TPS kondusif selama pelaksanaan pilkada sehingga harapannya bisa lancar, aman, tertib dan damai," tambahnya.

Adapun pada TPS kategori aman, tiap satu polisi mengawasi tiga TPS dibantu enam linmas. Kemudian pada TPS rawan, tiap satu polisi akan mengawasi satu TPS dibantu dua anggota linmas.

"Sedangkan pada TPS sangat rawan, tiap dua anggota polisi akan mengawasi satu TPS dengan dibantu dua anggota linmas," katanya.

Selain itu, dalam apel tersebut Kapolres juga menyematkan tanda pita kepada perwakilan dari Polri, TNI, dan, Linmas. Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu tersebut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Danramil se-Kota Madiun, dan lurah se-Kota Madiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement