Advertisement

Bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping, Kim Jong-un Cerita Soal Pertemuannya dengan Trump

John Andhi Oktaveri
Rabu, 20 Juni 2018 - 13:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping, Kim Jong-un Cerita Soal Pertemuannya dengan Trump Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersalaman dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan kedua pihak di Beijing, China, dalam foto yang diambil dari tayangan stasiun televisi CCTV China, Rabu (28 - 3). / Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, kemarin, Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un melaporkan hasil pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Media pemerintah Tiongkok melaporkan bahwa dalam pertemuan tersebut, Kim mengucapkan terima kasih kepada Xi atas peran diplomatiknya sehingga pertemuan bersejarah tersebut dapat terwujud.

Advertisement

Sebaliknya, Xi meminta AS dan Korut benar-benar mengimplementasikan hasil kesepakatan yang tercapai dalam pertemuan pada 12 Juni di Singapura tersebut. Salah satu poin penting dari pertemuan itu adalah kedua negara sepakat untuk melakukan perlucutan senjata nuklir secara penuh di Semenanjung Korea.

Kim pun berterima kasih dan mengapresiasi dukungan Tiongkok atas denuklirisasi di Semenanjung Korea dan peran penting Tiongkok dalam melindungi perdamaian dan stabilitas semenanjung.

Dalam pertemuan tersebut juga disinggung sikap Trump yang langsung mewacanakan penarikan pasukan AS dari Korea Selatan tidak lama setelah bertemu dengan Kim.

Selama ini, Korut menganggap pengerahan pasukan AS di Korsel ini mengancam kedaulatan negaranya sehingga mereka harus mengembangkan program senjata nuklir.
Dengan pernyataan Trump tersebut, Kim yakin Korut dan AS sudah mencapai hasil yang sesuai dengan kepentingan kedua negara.

"Jika kedua belah pihak mengimplementasikan konsensus pertemuan itu langkah demi langkah, semua akan membuka fase baru dan penting untuk denuklirisasi Semenanjung Korea," kata Kim sebagaimana dikutip CNN.com, Rabu (20/6/2018).

Ini adalah kali ketiga Kim menemui Xi sepanjang 2018. Harian bisnis Jepang, Nikkei memberitakan bahwa Kim kemungkinan sedang berupaya meminta dukungan Tiongkok untuk mencabut sanksi internasional setelah Korut sepakat melucuti senjata nuklir mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pembangunan TPS Sementara Gadingsari di Bantul Jalan Terus, Lahan Masih Dibersihkan

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement