Advertisement

Jadi Petani, Pemuda Ini Raup Rp12 Juta Sebulan

Newswire
Kamis, 26 April 2018 - 16:50 WIB
Bhekti Suryani
Jadi Petani, Pemuda Ini Raup Rp12 Juta Sebulan Mentan Amran Sulaiman dalam kunjungan ke Bulukumba. - Ist/Kementan RI

Advertisement

Harianjogja.com, BULUKUMBA- Meski usianya masih tergolong muda, seorang petani di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan meraup penghasilan Rp12 juta sebulan berkat teknologi pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) dibuat salut oleh petani muda asal desa Salemba, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dengan kerja kerasnya, pemuda bernama Armen,24 itu bisa mendapat penghasilan per hari sebesar Rp400.000 perhari pada saat musim panen padi tiba, atau bisa mencapai Rp12 juta per bulan dalam hitungan kasar.

Advertisement

Armen merupakan pengelola sekaligus operator alat mesin pertanian (Alsintan) berupa combine harvester dan traktor. Ia mengaku bekerja mulai pukul 07.00 Wita hingga pukul 24.00 Wita.

Pengakuan Armen itu sontak membuat Menteri Amran terkejut sekaligus kagum. Hal tersebut terungkap saat Menteri Amran mengajak dialog para pemuda tani dan pengelola Alsintan.

Menurutnya, Armen bisa menjadi contoh pemuda pekerja keras dan pintar dalam melihat peluang, “Di dunia ini, tidak ada sejarahnya orang sukses yang bukan pekerja keras. Armen bisa menjadi inspirasi kita,” kata Amran.

Senada pengakuan Armen, pemuda lain Andi Sarullahi memang mengakui bahwa Armen melakukan hal lebih dari pemuda rata-rata dalam memanfaatkan Alsintan. “Dia mau melakukan yang orang lain jarang mau melakukan,” kata Andi.

Modernisasi pertanian memang menjadi program prioritas Kementerian Pertanian. Menteri Amran menggalakkan penggunakan Alsintan untuk efektivitas menggenjot produksi para petani. Alsintan juga diharapkan mampu mendorong kesejanteraan petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement