Advertisement

Dikawal Pasukan Militer Israel, Ribuan Pemukim Yahudi Geruduk Masjid Al Aqsa

Nugroho Nurcahyo
Sabtu, 07 April 2018 - 06:35 WIB
Nugroho Nurcahyo
Dikawal Pasukan Militer Israel, Ribuan Pemukim Yahudi Geruduk Masjid Al Aqsa Ilustrasi Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur. - albawabacdn

Advertisement

Harianjogja.com, YERUSALEM – Ratusan warga Yahudi menggeruduk ke kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur, Kamis (5/4/2018) dini hari. Warga Yahudi, didampingi pasukan militer Israel bersenjata lengkap, datang berbondong-bondong masuk ke kompleks Masjid Al Aqsa untuk merayakan hari suci umat Yahudi, Passover.

Kantor berita Palestina WAFA seperti dilansir Aljazeera melaporkan, sekitar hampir 500 pemukim memasuki Masjid al-Aqsa pada Jumat dini hari sebelum melakukan ritual keagamaan Yahudi di dekat Masjid Kubah Batu (Dome of the Rock) yang masih satu kompleks Masjid Al Aqsa.

Advertisement

"Total warga Yahudi yang masuk secara ilegal ke kompleks Masjid Al Aqsa sejak Minggu (1/4/2018), mencapai 1.731 orang," kata juru bicara Lembaga Wakaf Palestina, Firas Al Dib.

Situs yang dituju warga Yahudi itu berada satu kompleks dengan Masjia Al Aqsa yang merupakan tempat suci ketiga bagi umat Islam. Warga Yahudi mengklaim situs tersebut sebagai tempat pemakaman dari salah satu tokoh suci mereka, Yusuf.

Marmer dan batu tua atau yang dikenal dengan al-Haram al-Sharif oleh umat Islam, berada di dalam Masjid Al Aqsa. Masjid ini merupakan tempat suci ketiga bagi umat Islam.

Kunjungan kelompok Yahudi ke Kompleks Masjid Al Aqsa selalu memicu ketegangan. Warga Palestina khawatir warga Yahudi bersama Pemerintah Israel mencoba untuk menguasai situs tersebut. Apalagi, selama ini hubungan Israel dan Palestina selalu panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos, AL Jazeera

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AHY Menegaskan Tidak Akan Ada Lagi Asal Menggusur di IKN

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement