Advertisement

Inovasi Pelayanan Publik, Pemprov Jateng Raih Dua Penghargaan dari Kemenpan RB

Media Digital
Rabu, 09 Oktober 2024 - 09:27 WIB
Ujang Hasanudin
Inovasi Pelayanan Publik, Pemprov Jateng Raih Dua Penghargaan dari Kemenpan RB Pemprov Jateng Raih Dua Penghargaan dari Kemenpan RB. - Ist

Advertisement

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Pandayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Dua penghargaan tersebut meliputi kategori Instansi Pembina di lingkup provinsi dalam pelayanan publik dan kategori Inovasi kelompok berkelanjutan dalam pelayanan publik.

Advertisement

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menpan-RB, Abdullah Azwar Annas kepada Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana pada acara Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024 di Hotel Sheraton Grand Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2024.

“Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh pegawai negeri sipil di Jateng. Kami berkoitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Nana.

Dikatakan Nana, penghargaan tersebut menambah motivasi bagi pemerintah provinsi Jateng dan kabupaten/kota untuk lebih dekat dengan masyarakat, khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menurut dia, Inovasi pelayanan publik adalah salah satu strategi untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang berkualitas. Oleh karenanya, pelayanan tersebut harus mudah, murah, cepat, berkualitas dan akuntabel.

Kepala Biro Organisasi Kepegawaian Setda Provinsi Jateng, Dadang Soemantri menuturkan, penghargaan terkait dengan inovasi pelayanan publik dilaksanakan di Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Prof Dr Margono Soekarjo (Banyumas) dan RSUD Dr Rehatta (Jepara).

Inovasi yang dilakukan RSUD Prof Dr Margono Soekarjo meliputi pengembangan sistem persediaan obat/farmasi, sistem antrian layanan pasien, dan pengembangan sistem SMS Gateway menuju registrasi online.

BACA JUGA: Pengelolaan JDIH Pemprov Jateng Diapresiasi Kemenkum HAM

Sedangkan inovasi RSUD Dr Rehatta adalah perawatan luka kusta menyeluruh dengan garden healing, mentoring, dan kolaborasi yang terintegrasi.

"Ini bukti bahwa yang sudah dilaksanakan di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, di bawah kepemimpinan Bapak Pj Gubernur Nana Sujana sudah on the track. Kita terus melakukan mengembangkan untuk pelayanan terbaik bagi masyarakat," ucapnya.

Dadang berpendapat, penghargaan yang diperoleh menjadi penyemangat bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jateng, untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang mudah, cepat, dan berintegritas.

Pemprov Jateng pun terus mendorong pemerintah kabupaten/ kota untuk aktif berinovasi.
"Banyak hal yang sudah dilakukan dengan kabupaten/kota,” kata dia.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas mengatakan, sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah sangat penting untuk dibangun. Tujuannya adalah memastikan bahwa reformasi birokrasi memberikan dampak nyata kepada masyarakat. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

22 Anak jadi Korban Pencabulan Sesama Jenis di Sleman, Begini Modus Pelaku Melancarkan Aksinya

Sleman
| Rabu, 09 Oktober 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement