Advertisement

Kisah Naomi, Pendaki Hilang 3 Hari di Gunung Slamet Bertahan Hidup dengan Makan 3 Potong Roti

Fitroh Nurikhsan
Rabu, 09 Oktober 2024 - 07:57 WIB
Sunartono
Kisah Naomi, Pendaki Hilang 3 Hari di Gunung Slamet Bertahan Hidup dengan Makan 3 Potong Roti Pendaki asal Semarang, Naomi Daviola Setyani, 17, sempat hilang selama tiga hari saat melakukan pendakian di Gunung Slamet pada Sabtu (5/10/2024). Beruntung, Naomi akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat oleh tim SAR gabungan di Pos 7 Gunung Slamet pada Selasa (8/10 - 2024). 

Advertisement

Harianjogja, PURBALINGGA—Pendaki asal Semarang, Naomi Daviola Setyani, 17, sempat hilang selama tiga hari saat melakukan pendakian di Gunung Slamet pada Sabtu (5/10/2024). Beruntung, Naomi akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat oleh tim SAR gabungan di Pos 7 Gunung Slamet pada Selasa (8/10/2024). 

Selama tiga hari dinyatakan hilang, pendaki asal Semarang itu berjuang untuk bertahan hidup. Ia pun hanya mengonsumsi tiga potong roti selama tiga hari. 

Advertisement

Hal itu diungkapkankan Kepala BPBD Purbalingga, Prayitno, kepada Esposin, Selasa. Prayitno menyebut saat ditemukan pada pukul 10.10 WIB, Naomi dalam kondisi lemas. 

"Dia ditemukan sekitar 10 meter di belakang warung atau di punggung gunung. Di Pos 7 memang ada warung yang jualan, tapi sedang tutup. Saat ditemukan dia lagi duduk di bawah pohon," cerita Prayitno. 

Prayitno mengatakan saat pencarian, tim SAR gabungan terus memanggil-manggil nama Naomi, terutama saat memasuki Pos 7. Tak beberapa lama, terdengar balasan dari Naomi. Dalam sekejap, tim SAR gabungan pun bisa menemukan asal atau sumber suara yang berasal dari siswi SMKN 3 Semarang itu. 

Tim SAR gabungan pun memapah Naomi karena kondisinya lemah. Selepas berhasil dievakuasi, pendaki asal Semarang itu langsung dibawa ke RS PKU Muhammadiyah untuk mendapatkan perawatan. 

“[Naomi] sempat dipapah sampai Pos 2. Lalu dia minta jalan kaki sampai ke basecamp. Ini saya barusan pulang dari rumah sakit. Dia bertahan hidup dengan roti tiga potong,” katanya.

Priyanto kemudian memaparkan Vio tersesat cukup jauh dari jalur pendakian via Bambangan Gunung Slamet. Beruntung dia masih bisa ditemukan dalam keadaan selamat.

“Kondisinya lemas, matanya merah. Tadi saran dari dokter harus istirahat satu hari di rumah sakit, untuk pemulihan tubuhnya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

2,5 Juta Liter Air Bersih Telah Didistribusikan ke Wilayah Kekeringan di Bantul

Bantul
| Rabu, 09 Oktober 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement