Advertisement

Rayu Investor Masuk IKN, Jokowi: Harga Tanah Masih Murah, Tahun Depan Bisa 10 Kali Lipat

Alifian Asmaaysi
Rabu, 25 September 2024 - 13:27 WIB
Ujang Hasanudin
Rayu Investor Masuk IKN, Jokowi: Harga Tanah Masih Murah, Tahun Depan Bisa 10 Kali Lipat Presiden Jokowi saat mendarat di Bandara IKN. - Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayu investor agar segera merealisasikan investasinya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mumpung tanahnya masih murah. Orang nomor satu di Indonesia ini juga mengungkap bahwa harga tanah di IKN saat ini masih murah dan akan naik di tahun depan.

Untuk itu, dirinya meminta para calon investor baik dari dalam maupun luar negeri untuk dapat berbondong-bondong segera merealisasikan investasinya di IKN pada tahun ini.

Advertisement

Bahkan, orang nomor satu di Indonesia itu menyinggung bahwa tanah di IKN bisa saja naik harganya hingga 10 kali lipat pada tahun depan. Untuk itu, dirinya meminta agar para investor dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

“IKN ini hati-hati harga tanahnya memang sekarang masih murah pada tahun ini, tapi tahun depan kita tak tahu bisa 2 kali, 3 kali lipat, 5 kali lipat, bahkan sampai 10 kali lipat. Jadi perlu saya ingatkan [kalau] mau berinvestasi tahun ini,” jelasnya saat melakukan groundbreaking investasi di IKN, Rabu (25/9/2024).

BACA JUGA: Jokowi Bagikan Cerita Detik-detik Mendarat Perdana di Bandara IKN

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono sempat membocorkan harga tanah di IKN. Dia menjelaskan, penetapan harga tanah itu dilakukan oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) pada 2023.

Selain itu, harga tanah juga sudah direviu dan disetujui oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Dia menuturkan, bahwa harga tanah di IKN bervariasi, tergantung dengan letak lokasinya. Namun, dipastikan harga tanah saat ini masih di bawah Rp1 juta per meter persegi.

"Macam-macam [harganya], tergantung lokasinya. Antara Rp400.000 sampai Rp800.000 per meter persegi," kata Basuki saat ditemui di kantor Kementerian PUPR, Jumat (12/7/2024).

Lebih lanjut, Basuki mengungkapkan bahwa lokasi tanah yang sudah ditetapkan berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP 1A. Dia menyebut, penetapan harga tanah di kawasan tersebut sudah dilakukan sejak 2023.

Dengan demikian, bila benar harga tanah bakal naik hingga 10 kali lipat pada tahun depan, nilainya diproyeksi bakal mencapai Rp4 juta hingga Rp8 juta per meter persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

157 Anak Sekolah di Jogja Sakit Gondongan, Dinkes Minta Sekolah Waspada

Jogja
| Rabu, 25 September 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement