Advertisement

Pemerintah Serahkan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens ke Selandia Baru

Newswire
Minggu, 22 September 2024 - 02:17 WIB
Sunartono
Pemerintah Serahkan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens ke Selandia Baru Pemerintah Republik Indonesia menyerahkan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023, kepada Pemerintah Selandia Baru. - Antara.

Advertisement

Harianjogja.co,, JAKARTA—Pemerintah Republik Indonesia menyerahkan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023, kepada Pemerintah Selandia Baru.

Serah terima tersebut dilakukan seusai pesawat TNI Angkatan Udara yang ditumpangi Mehrtens tiba di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu pukul 22.26 WIB.

Advertisement

“Tadi baru saja saya mewakili Pemerintah Republik Indonesia secara resmi telah menyerahkan Kapten Pilot Philip Mehrtens kepada Pemerintah Selandia Baru yang diwakili oleh Duta Besar Selandia Baru di Jakarta, yaitu Bapak Kevin (Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett),” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu.

Hadi mengaku acara penyerahan tersebut berjalan dengan lancar. Dia juga mengatakan bahwa Mehrtens saat ini telah menjadi tanggung jawab Kedutaan Besar Selandia Baru.

Pada kesempatan itu, dia mengatakan bahwa proses pembebasan Mehrtens merupakan hasil kerja keras seluruh pihak. Oleh sebab itu, dia mengapresiasi TNI, Polri, tokoh masyarakat, adat, dan pemuka agama.

“Ucapan terima kasih juga kepada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, serta Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta, dan tentunya berbagai pihak yang telah membantu dalam proses pembebasan sandera, yaitu Philip Mehrtens,” ujarnya.

Mehrtens dibebaskan pada Sabtu, dan dijemput oleh tim Satgas Operasi Damai Cartenz di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga.

Kemudian, Satgas menerbangkan Mehrtens ke Timika untuk proses cek kesehatan. Setelah dinyatakan sehat, Mehrtens diterbangkan dari Timika menuju ke Jakarta dengan menggunakan pesawat terbang milik TNI AU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Malioboro Jogja ke Pantai Baron Gunungkidul Minggu 22 September 2024

Jogja
| Minggu, 22 September 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement