Advertisement

Kemenag Fasilitasi 41 Ribu Warga 3T Ikuti Pelatihan MOOC

Newswire
Minggu, 08 September 2024 - 12:47 WIB
Sunartono
Kemenag Fasilitasi 41 Ribu Warga 3T Ikuti Pelatihan MOOC Dunia digital - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Agama (Kemenag) RI menyampaikan sebanyak 41.032 peserta dari wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) telah mengikuti pelatihan di platform Massive Open Online Course (MOOC) Pintar.

"Kami awalnya tidak mengira pelatihan MOOC dapat diakses di semua wilayah 3T. Karena, dari sisi akses dan geografi kita tahu kondisinya sulit terjangkau. Tapi, ternyata di luar ekspektasi. MOOC Pintar bisa menjangkau puluhan ribu peserta di daerah pelosok yang ingin meningkatkan kompetensi," kata Kepala Pusdiklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbang Diklat Kemenag RI Mastuki dilansir Antara, Minggu.

Advertisement

Mastuki mengatakan MOOC merupakan program unggulan yang dinilai berhasil dalam transformasi digital di Kemenag RI. Program ini secara khusus juga mendapat apresiasi dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Platform MOOC Pintar, kata dia, dinilai mampu mempercepat pengembangan kompetensi sumber daya manusia di lingkungan Kemenag yang berjumlah lebih dari 3 juta orang, yang terdiri atas guru, kepala madrasah, pengawas, penghulu, penyuluh dan jabatan fungsional lainnya.

Tidak hanya untuk kalangan SDM Kemenag, kata dia, MOOC Pintar juga dibuka untuk masyarakat yang ingin mengembangkan kualitas dirinya melalui berbagai pelatihan yang tersedia.

"Memang, jika dibandingkan dengan jumlah ASN dan SDM Kemenag, akses MOOC ini masih kecil. Program MOOC baru menjangkau 41.032 dari total satu juta peserta MOOC di seluruh Indonesia di waktu yang sama. Masih besar jumlah yang perlu disasar dan sosialisasi masif," ujarnya.

Mastuki memaparkan peserta wilayah 3T yang terjangkau MOOC berasal dari Provinsi Aceh 189 peserta, Sumatera 2.011 peserta, Bengkulu 203 peserta, dan Lampung 594 peserta.

Selain itu, dari Jawa Timur ada 5.962 peserta, Banten 4.606 peserta, NTB 13.530 peserta, Nusa Tenggara Timur (NTT) 2.012 peserta, Kalimantan 3.815 peserta, Sulawesi 5.798 peserta, Maluku 1.470 peserta, dan Papua 842 peserta.

"Jangkauan wilayah 3T tentu capaian yang baik. Ini membuktikan pelatihan online sudah menjadi kebutuhan p

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Kulonprogo Selasa 17 September 2024

Jogja
| Selasa, 17 September 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement