Advertisement

Pilkada Jateng Libatkan Pejabat Jenderal, Pangdam Diponegoro dan Kapolda Siap Lakukan Antisipasi

Newswire
Kamis, 05 September 2024 - 12:57 WIB
Sunartono
Pilkada Jateng Libatkan Pejabat Jenderal, Pangdam Diponegoro dan Kapolda Siap Lakukan Antisipasi Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Ribut Hari Wibowo menegaskan wilayah Jateng harus aman, nyaman, dan kondusif selama pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak tahun 2024.

"Apa pun yang terjadi, Jawa Tengah harus aman, nyaman, dan kondusif," kata Ribut saat pelaksanaan gelar simulasi Sispamkota di Semarang, Kamis.

Advertisement

Menurut dia, dalam tahapan penanganan konflik sosial saat tahapan pilkada, terdapat aturan yang harus dipedomani oleh personel kepolisian.

BACA JUGA : Pilkada 2024: PDIP Bawa Mantan Panglima TNI Andika Perkasa ke Jateng Ditarungkan dengan Kapolda Ahmad Luthfi

Kapolda meminta seluruh personel untuk memedomani aturan dan tahapan dalam menangani kerusuhan massa. "Kita akan lindungi kepentingan masyarakat Jawa Tengah," katanya.

Sementara itu, Panglima Komando Daerah Militer IV/ Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi menambahkan latihan penanganan konflik sosial ini dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan selama tahapan Pilkada 2024. "Latihan ini sebagai bentuk antisipasi, namun mudah-mudahan tidak terjadi nantinya," katanya.

Oleh karena itu, kepada seluruh personel TNI, Polri, dan pemangku kepentingan terkait lainnya yang dilibatkan dalam pengamanan pilkada, Pangdam meminta untuk menggelorakan semangat pantang menyerah dan mengabdi untuk masyarakat Jawa Tengah.

Tahapan Pilkada 2024 telah diawali dengan pendaftaran bakal calon kepala daerah pada 27 hingga 29 Agustus. Pemungutan suara serentak rencananya akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

BACA JUGA : PDIP Belum Bergerak, Popularitas Risma dan Andhika untuk Pilkada Jatim dan Jateng Tinggi

Sebagaimana diketahui pertarungan Pilkada Jateng melibatkan dua jendeal aktif dan sudah pensiun. Di antaranya Irjen Kementerian Perdagangan Komjen Pol Ahmad Luthfi dari Kepolisian dan Mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muara Kali Progo Dibersihkan, Rencananya Bakal Melibatkan Pandawara Group

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement