Advertisement

Jokowi Beri Golden Visa untuk Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Akbar Evandio
Kamis, 25 Juli 2024 - 13:47 WIB
Sunartono
Jokowi Beri Golden Visa untuk Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Golden Visa pertama diberikan kepada pelatih timnas sepak bolaShinTae/yong. Akbar Evandio / Bisnis.com.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka peluncuran program Golden Visa di Grand Ballroom, The Ritz Carlton Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Orang nomor satu di Indonesia itu meresmikan program tersebut dengan memberikan akses Golden Visa pertama kepada pelatih tim nasional (timnas) sepak bola Shin Tae-yong. Diberitakan sebelumnya, Golden Visa versi definisi yang diterbitkan Organization for Economic Co-operation and Development  (OECD) adalah skema izin tinggal melalui investasi (Residency by Investment) dan Kewarganegaraan melalui Investasi (Citizenship by Investment).

Advertisement

BACA JUGA : Penyebab dan Tips Mencegah Radang Paru, Penyakit yang Kini Tengah Dialami Shin Tae-yong

Kebijakan ini diberlakukan oleh suatu negara melalui mekanisme pemberian fasilitas izin tinggal atau berkewarganegaraan kepada Warga Negara Asing (WNA) melalui investasi atau membayar sejumlah biaya tertentu.  Pemberian Golden Visa kepada investor dan orang penting, dilakukan oleh pemerintah sebagai langkah untuk meningkatkan masuknya investasi asing ke Indonesia. Pemegang Golden Visa akan menikmati manfaat eksklusif yang tidak diterima oleh pemegang visa pada umumnya.

Manfaat eksklusif dari Golden Visa, antara lain prosedur dan persyaratan permohonan visa dan urusan imigrasi lebih mudah dan cepat, mobilitas dengan multiple entries, jangka waktu tinggal lebih lama, hak untuk memiliki aset di dalam negara, serta menjadi jalur fast track untuk pengajuan kewarganegaraan.

BACA JUGA : Filipina vs Indonesia: Shin Tae-yong Minta Pemain Tak Lakukan Kesalahan

Skema Golden Visa diharapkan dapat menarik lebih banyak investasi asing masuk di berbagai instrumen, baik itu pada investment funds, obligasi pemerintah, saham perusahaan, maupun properti. Praktik kebijakan Golden Visa ini ternyata telah menjadi instrumen di beberapa negara dalam rangka menarik investor asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement