Advertisement

Respons Barack Obama Mundurnya Joe Biden dari Pencalonan Pilpres AS: Dia Seorang Patriot!

Oktaviano DB Hana
Senin, 22 Juli 2024 - 10:17 WIB
Ujang Hasanudin
Respons Barack Obama Mundurnya Joe Biden dari Pencalonan Pilpres AS: Dia Seorang Patriot! Joe Biden. - REUTERS/Charles Mostoller

Advertisement

Harianjogja, JAKARTA — Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barack Obama merespons mundurnya Joe Biden sebagai kandidat Partai Demokrat untuk pemilihan presiden AS 2024.

Melalui laman resmi pribadinya, Barack Obama memuji Joe Biden sebagai kawan dan mitra dengan semangat patriotik. Bideng menjadi Wakil Presiden mendampingi Obama dalam dua periode kepemimpinannya pada 2009–2017.

Advertisement

“Joe Biden telah menjadi salah satu presiden Amerika yang paling berpengaruh, serta teman baik dan mitra saya. Hari ini, kita juga telah diingatkan—sekali lagi—bahwa dia adalah seorang patriot tingkat tertinggi,” tulis Obama, Senin (22/7/2024).

Obama mengeklaim, bahwa karier Biden yang luar biasa dalam pelayanan publik tampak sejak dia mencari wakil presiden pada enam belas tahun lalu. Namun, Obama menegaskan bahwa dia lebih mengagumi karakter Biden.

“Empati yang mendalam dan ketangguhannya yang diperoleh dengan susah payah; dan keyakinannya bahwa setiap orang berarti,” ujarnya.

Obama juga menegaskan bahwa mundurnya Biden dari kandidat calon presiden di Pilpres AS 2024 merupakan bukti kecintaannya kepada negara. Menurutnya, Biden mendahulukan kepentingan rakyat AS di atas kepentingan dirinya sendiri.

BACA JUGA: Detik-detik Penembakan Terjadi Saat Donald Trump Kampanye, Telinganya Berdarah

Pasalnya, Obama hakulyakin Biden tidak pernah mundur dari pertarungan atau kontestasi. Obama menilai, langkah Biden yang melihat kondisi politik dan memutuskan untuk menyerahkan jabatannya kepada calon baru menjadi salah satu tantangan terberat dalam hidupnya.

“Tapi saya tahu dia tidak akan mengambil keputusan ini kecuali dia yakin keputusan itu tepat untuk Amerika. Hal ini merupakan bukti kecintaan Joe Biden terhadap negaranya,” tegasnya.​​

Seperti diketahui, Presiden AS Joe Biden mengumumkan mundur sebagai kandidat dari Partai Demokrat untuk Pilpres AS 2024 melalui akun media sosial X resminya @JoeBiden pada Senin (22/7/2024).

"Rekan-rekan Demokrat, saya telah memutuskan untuk tidak menerima nominasi tersebut dan memfokuskan seluruh energi saya pada tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya," tulis Biden.

Dalam unggahan yang sama, Biden memberikan dukungan kepada Kamala Harris sebagai calon presiden dari Partai Demokrat. Kamala Harris yang saat ini merupakan Wakil Presiden AS dianggap sebagai calon yang pantas untuk mengalahkan Donald Trump sebagai calon presiden dari Partai Republik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement