Advertisement

Ini Dia 7 Kota di Dunia dengan Biaya Hidup Tertinggi

Redaksi
Senin, 15 Juli 2024 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Ini Dia 7 Kota di Dunia dengan Biaya Hidup Tertinggi Ilustrasi - Suasana jalan Hong Kong. (ANTARA - Anadolu)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tahun ini, perusahaan konsultan Mercer merilis hasil pemeringkatan 226 kota didasarkan pada biaya hidupnya. Menurut Mercer, faktor yang sangat memengaruhi tingkat kemahalan biaya hidup adalah inflasi.

Dilansir dari Forbes dan Architectural Digest, inflasi inilah yang membuat beberapa kota mengalami peningkatan pesat dalam biaya hidup. Dari hasil pemeringkatan itu, diketahui, empat dari tujuh kota besar termahal berlokasi di Swiss. Mata uang franc yang sedang bernilai tinggi cukup berkontribusi terhadap hal ini.

Advertisement

Tinggal di kota besar dengan biaya hidup tinggi dapat menjadi keuntungan, tetapi bisa juga menjadi kerugian. Untuk memulai hidup atau berlibur akan sulit di kota-kota ini, tetapi Anda dapat saja mendapat kehidupan yang layak.

Berikut 7 kota di dunia dengan biaya hidup termahal:

Hong Kong

Hong Kong di posisi pertama terkenal dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Ini karena Hong Kong memiliki pada ratusan pulau kecil. Sulit untuk membangun di tanah Hong Kong.

Namun, penduduk Hong Kong memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi dan menyimpan banyak uang. Dilansir dari ExpatLiving, pada 2020, sebanyak 96 penduduk dikatakan memiliki kekayaan pribadi sebesar US$1 miliar.

Singapura

Selain menjadi negara terkaya di Asia Tenggara, ternyata Singapura juga menjadi negara dengan biaya hidup tertinggi kedua di dunia. 

Umum disebut pusat keuangan internasional, biaya hidup Singapura, seperti tempat tinggal, transportasi, dan barang-jasa, lebih mahal dari kota-kota lain.

Sama seperti Hong Kong dan Zurich, hal ini berkontribusi pada peringkat biaya hidup yang tinggi pula.

Zurich

Switzerland dengan mata uang franc memiliki nilai tukar tinggi. Hal ini menjadi salah satu kontributor tingginya posisi Zurich. Dilansir dari Numbeo, biaya hidup di Zurich 278.5% lebih tinggi dari Jakarta–tanpa biaya sewa rumah.

Artinya, apabila standar hidup Anda di Jakarta adalah Rp41 juta, maka Anda memerlukan Rp157 juta untuk memenuhi standar hidup yang sama di Zurich.

Jenewa

Jenewa adalah pusat keuangan dan diplomasi dunia. Banyak bank dan pusat keuangan memiliki markas besar di Jenewa, dengan peringkat 14 dalam Global Financial Centers Index 2020.

Jenewa juga dinobatkan oleh Mercers sebagai kota dengan kualitas hidup terbaik, pada peringkat ke-9.

Basel

Tidak jauh berbeda dari Jenewa dan Zurich dalam hal biaya dan kualitas hidup, sebagai kota sejarah, Basel sering menjadi destinasi wisata turis internasional.

Menurut situs resmi Basel, setiap tahunnya semakin banyak orang pindah ke Basel. Penduduk yang kini sekitar 1 juta jiwa ini juga menarik lebih banyak perusahaan untuk membuka cabangnya di kota ini.

Bern

Seperti Jenewa, Bern juga merupakan salah satu pusat keuangan dan diplomasi dunia. Ditambah, Bern merupakan ibukota administratif dari Swiss.

BACA JUGA: 10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia 2023, Tebak Negara Mana yang Termurah?

Kedua hal ini berkontribusi pada tingginya biaya hidup di Bern. Walaupun demikian, menurut Economic Times, Bern memperlihatkan kualitas hidup yang tinggi, kota yang aman dan bersih, dengan lingkungan indah dan berbudaya. Kota ini menjadi menarik bagi ekspatriat yang akan tinggal di Eropa.

New York

Pada 2022, New York berada pada peringkat pertama, bersama Singapura. Tahun selanjutnya, kota ini berada pada peringkat ketiga. Berada pada tingkat ketujuh pada 2024, ini menunjukkan ketidakpastian ekonomi di Amerika Serikat. 

Kota ini memiliki biaya hidup yang tinggi dan tingkat keamanan yang relatif rendah di beberapa bagian.

Dilansir dari NBER, biaya rumah tinggal seperti apartemen melambung tinggi pada 1990an. Inilah salah satu faktor utama kemahalan New York City.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sempat Kuras Uang di ATM Milik Korbanya, Begini Aksi Ojol Merangkap Tukang Jambret di Sleman

Sleman
| Kamis, 19 September 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement